Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Perkembangan Bayi 12 Bulan

Artikel terkait : Perkembangan Bayi 12 Bulan

Perkembangan bayi 12 bulan
Gambar Perkembangan Bayi 12 Bulan
Perkembangan bayi 12 bulan - Tumbuh kembang merupakan ciri khas pada anak-anak. Kata tumbuh mengandung arti bertambahnya ukuran (berat badan, tinggi badan, lingkar kepala), sedangkan kembang mengacu pada bertambahnya keterampilan anak dalam berbagai hal, yaitu motorik halus, motorik kasar, kosa kata berbicara maupun kemampuan berinteraksi dengan orang lain.

Perkembangan bayi 12 bulan

Biasanya bayi umur 12 bulan atau satu tahun akan merayakan ulang tahunnya untuk pertama kalinya.  Perkembangan bayi 12 bulan sudah sangat pesat, untuk bayi yang cepat perkembangannya ia sudah dapat berjalan dengan lincah, bahkan ia berusaha untuk berlari mengejar temannya sesama balita atau pun orang dewasa yang menggodanya. Kosa katanya sudah semakin banyak dan pelafalannya pun semakin baik. Bayi 12 bulan ibu adalah peniru yang baik, ia akan cepat merespon apa yang di ajarkan orang terdekatnya, sebaiknya ajarkan hal-hal yang baik sedari kecil.
berikut tips untuk bermain dengan bayi 12 bulan anda :
  1. Bayi senang sekali meniru ibu atau orang di sekitarnya, ajarkan ia kosa kata baru yang baik dengan di sertai peragaan, seperti "rambut'" sambil memegang rambut anda atau rambutnya, atau "pesawat" sambil menunjuk ke atas awan. Walau pun belum sempurna ia akan mengikuti ucapan ibunya dan apa yang di contohkan, ini juga dapat mengenalkan ia pada anggota tubuh atau benda di sekitarnya
  2. Untuk melatihnya berjalan, ibu dapat bermain kejar tangkap, ibu dapat mengejar atau di kejar, kemudian tangkap ia atau biarkan ibu di tangkap olehnya. bayi ibu bisa saja terjatuh, maka gunakan sepatu anti slip dan celana panjang agar tidak terluka.
  3. Mendongeng atau bercerita sangat bermanfaat untuk bayi, selain mengenalkan kosa kata baru, ia juga dapat mengenali benda atau binatang yang ada di dalam cerita, serta untuk mengajarkan budi pekerti, dengan penjelasan ibu sesuai dengan pemahaman bayi. Ibu juga dapat mengikut sertakannya dalam mendongeng seperti membolehkannya membuka halaman atau mencoret dengan crayonnya.
  4. Biarkan bayi 12 bulan ibu untuk belajar makan sendiri, walau agak merepotkan karena kotor dan berantakan, ini akan membuatnya belajar mandiri dan merangsang motorik halusnya.
  5. Ajarkan bayi ibu untuk merapihkan mainannya sendiri, ia akan senang memasukkan mainannya ke dalam keranjang tempat mainannya.
  6. Setiap bayi biasanya sangat suka sekali bermain dengan air, ketika mandi biarkanlah ia bermain sebentar dengan bola atau bebek plastiknya.
Sangat penting peran orang tua untuk mengajak bayi bermain, baik dengan menggunakan media atau pun tidak. Permainan juga mampu untuk menstimulasi perkembangan bayi sesuai dengan pola tumbuh kembangnya.
Ciri-ciri perkembangan bayi 12 bulan sebagai berikut :

  1. Motorik kasar : Bayi 12 bulan ibu biasanya sudah mahir untuk duduk dan berdiri sendiri, ia pun sudah mulai berjalan, bahkan ada yang sudah dapat berlari walau pun masih sering terjatuh, akan tetapi apabila ia masih belum lancar berjalan ibu tidak usah khawatir karena setiap bayi berbeda perkembangannya.
  2. Motorik halus : kedua belah tangan sudah sangat sempurna untuk menggenggam, memegang, bertepuk dan sebagainya. Bahkan bayi 12 bulan sudah dapat memegang krayon dan mencoretnya ke kertas. Jari jemarinya sudah dapat berfungsi dengan baik dalam menjumput atau mengambil benda kecil, ia juga bapat mengenali permukaan kasar dan halus.
  3. Kognitif : Bayi ibu sudah dapat merespon dengan cepat dalam mengambil, memperhatikan arah benda, meniru ucapan atau perbuatan, dan memahami permintaan sederhana, seperti "tolong ambilkan bolanya sayang". Ia juga sudah mengetahui namanya sendiri dan merespon panggilan.
  4. Ibu sudah bapat memberikan bayi 12 bulan dengan nasi lembek, serta lauk pauk yang sudah beragam. Segala jenis sayuran, buah, Daging, ayam dan ikan dapat di konsomsi oleh bayi anda asalkan di potong kecil dan tidak menyebabkan alergi pada bayi.
  5. Pada usia 9-12 bulan kenaikan berat badan bayi sudah tidak secepat sebelumnya. Menurut WHO berat badan ideal untuk bayi laki-laki adalah 7.7-12 kg sedangkan bayi perempuan 7.0-11.5 kg. Lingkar kepala bayi perempuan usia 12 bulan adalah antara 43-48 cm, dan untuk bayi laki-laki antara 44-49 cm.
Pada prinsipnya motorik kasar adalah kemampuan gerakan otot-otot besar yang di hasilkan otot-otot besar seperti otot kaki dan otot lengan, seperti menendang, berjalan, melompat. sedangkan motorik halus adalah gerakan yang di hasilkan dari koordinasi jari-jari, telapak tangan serta mata, seperti, menjumput, menulis, menggenggam, dan lainnya. Rangsanglah motorik kasar dan halus secara bersamaan agar perkembangan bayi 12 bulan ibu semakin baik.
Untuk melihat artikel lainnya mengenai perkembangan bayi dapat di lihat pada :

Artikel Perkembangan bayi 1 bulan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com
keyword: Perkembangan bayi 12 bulan, Perkembangan bayi 0-12 bulan, makanan bayi 12 bulan, merawat bayi 0-12 bulan, tumbuh kembang bayi 0-12 bulan, pertumbuhan bayi 0-12 bulan, tahap perkembangan bayi 0-12 bulan, perkembangan bayi usia 12 bulan, perkembangan bayi dari 0-12 bulan, perkembangan bayi 1-12 bulan, makanan untuk bayi 12 bulan, menu bayi 12 bulan, perkembangan bayi usia 0-12 bulan, makanan bayi 9- 12 bulan.

Terima kasih telah berkunjung di Perkembangan Bayi 12 Bulan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia