Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Memasuki Usia Kehamilan 9 Bulan, Apa Yang Harus Di Lakukan?

Artikel terkait : Memasuki Usia Kehamilan 9 Bulan, Apa Yang Harus Di Lakukan?

Memasuki Usia Kehamilan 9 Bulan, Apa Yang Harus Di Lakukan?
Memasuki Usia Kehamilan 9 Bulan, Apa Yang Harus Di Lakukan?
Memasuki usia kehamilan 9 bulan, apa yang harus di lakukan? - Wah ibu, sudah mendekati waktu untuk melihat rupa si buah hati, bahagianya!. Apa saja yang harus di siapkan pada saat akan tiba waktu untuk segera melahirkan?, yang jelas kesiapan mental ibu harus sangat di mantapkan untuk keselamatan ibu dan buah hati nantinya. Coba kita cek apa yang sebaiknya kita lakukan pada saat usia kandungan sudah memasuki 9 bulan berikut.

Kesiapan memasuki usia 9 bulan

  • Persiapkan bayi untuk berada pada posisi siap di lahirkan

Setiap ibu biasanya mengharapkan persalinan yang normal, maka usahakan bayi ibu berada pada posisi yang siap untuk di lahirkan yaitu pada saat posisi berada di bawah dan hampir masuk ke rongga pinggul, jika posisi bayi tidak benar atau sungsang lakukan tips berikut
  1. Mengepel lantai dengan cara jonggkok dipercaya dapat membuat bayi ibu berputar keposisi secara alami. Selain lantai menjadi bersih, di harapkan bayi di dalam posisi siap untuk di lahirkan
  2. Untuk mendukung janin berputar ke posisi yang benar di sarankan sering berjalan kaki pada pagi dan sore hari setiap hari selama 20-30 menit.
  3. Gerakan sujud dalam sholat juga dapat membantu janin untuk berada di posisi masuk ke rongga pinggul, bisa ibu perlama gerakan sujud dalam sholat.
  4. Berolahraga jongkok berdiri dengan cara tangan berpegang pada benda yang bisa menahan beban anda, lakukan gerakan ini setiap hari hitung 8-10 kali. atau lakukan posisi merangkak dengan posisi tangan sejajar bahu kepala tetap tegak, luruskan punggung, tarik nafas perlahan, lalu lengkungkan punggung ke dalam sambil kepala di tarik ke dalam melihat dada anda, kemudian luruskan lagi, lakukan 8-10 kali.
  5. Berbicaralah dengan bayi anda untuk bergerak ke posisi turun dengan disinari lampu senter agar bayi merespon cahaya dan memutar tubuhnya. Sinari dari puncak rahim sampai ke arah tulang kemaluan.
  6. Lakukan pemeriksaan USG untuk memantau perkembangan janin dan posisinya.
Untuk mengetahui tanda-tanda bayi sudah masuk pada posisi yang benar atau kepala bayi sudah berada di bawah panggul adalah, semakin sering buang air kecil, susah buang air besar, tidak nyaman pada bagian bawah panggul.

  • Persiapkan puting untuk menyusui

Memberikan ASI sangatlah penting karena sangat berguna untuk kesehatan bayi kelak, persiapkanlah puting anda dengan cara membersihkannya dengan baby oil, bersihkan kerak yang menempel pada puting menggunakan baby oil dengan lembut lalu biarkan sejenak lalu bersihkan dengan air hangat.Ini juga merangsang agar air susu cepat keluar, apabila puting masuk ke dalam beri pijatan lembut agar puting dapat sedikit keluar agar mudah untuk di susui bayi nantinya.

  • Persiapkan tas untuk persalinan

Mempersiapkan tas khusus untuk persalinan yang tiba-tiba agar tidak repot. biasanya pada saat ibu sedang kontraksi semua akan panik, agar ringkas segeralah persiapkan semua yang ingin di bawa ke rumah sakit dalam tas yang berisikan
  1. Pakaian ganti untuk ibu dan ayah.
  2. Pakaian untuk bayi yaitu, bedongan, baju, popok, dan gurita.
  3. Gendongan kain, dan beberapa kain untuk ibu seusai melahirkan
  4. Dot, untuk berjaga asi ibu belum keluar

  • Persiapkan dana dan rumah sakit yang dituju
Biasanya dari awal pemeriksaan kehamilan kita sudah menuju rumah sakit tertentu untuk melahirkan juga. Sebaiknya tidak berganti - ganti tempat pemeriksaan pada saat kehamilan karena riwayat kehamilan dan kesehatan tidak terpantau dengan baik. Persiapkan dana dengan mendapat informasi ke rumah sakit yang dituju tentang harga persalinan, juga persiapkan dana lebih untuk kemungkinan yang lain, misal operasi cesar

Nah, semua sudah di persiapkan dengan baik tinggal menunggu waktu sang buah hati melihat dunia yang baru, rajinlah berolahraga dan makan yang bernutrisi dapat membantu persalinan yang normal dan lancar. Dukungan dari suami pun harus selalu di berikan untuk mental ibu pada saat kehamilan dan proses melahirkan nantinya.

Artikel Mengenai Memasuki Usia Kehamilan 9 Bulan, Apa Yang Harus Di Lakukan? di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com
keyword: Usia kehamilan 9 bulan, tips kehamilan 9 bulan, 9 bulan kehamilan, masa kehamilan 9 bulan, kehamilan usia 9 bulan, seputar kehamilan 9 bulan, kehamilan memasuki 9 bulan, kehamilan umur 9 bulan, memasuku kehamilan 9 bulan, kehamilan masuk 9 bulan.

Terima kasih telah berkunjung di Memasuki Usia Kehamilan 9 Bulan, Apa Yang Harus Di Lakukan?

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia