Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Tips Mengobati Batuk dan Pilek Pada Bayi

Artikel terkait : Tips Mengobati Batuk dan Pilek Pada Bayi

Tips mengobati batuk dan pilek pada bayi
Gambar Tips Mengobati Batuk dan Pilek Pada Bayi
Tips Mengobati Batuk dan Pilek Pada Bayi - Batuk pada bayi memang sangat mengganggu kenyamanan bayi, terkadang batuk di sertai pilek membuat hidung tersumbat dan sulit bernafas, pada malam harinya bayi menjadi susah tidur akibat batuk yang membuatnya sering terbangun. Batuk juga membuat bayi menjadi susah makan karena tenggorokan yang sakit akibat radang dan iritasi. Cara mengatasi batuk pada batita yang usianya lebih dari satu tahun tidak sama dengan bayi yang masih 1 bulan atau lebih, maka jangan sepelekan batuk pada bayi anda dengan tidak memberi sembarang obat apalagi obat untuk orang dewasa sebaiknya berikan obat batuk yang tradisional atau alami.

Kenali jenis batuk pada bayi

Pada umumnya seperti orang dewasa bayi dapat mengalami batuk kering dan berdahak, meski di anggap reaksi alami, batuk pada bayi perlu di amati lebih teliti, karena terkadang batuk juga sebagai tanda awal sebuah penyakit, konsultasikan ke dokter apabila batuk bayi tidak wajar.
Batuk berdahak: Batuk berdahak ialah upaya alami untuk mengeluarkan dahak dari paru-paru, biasanya bayi akan muntah apabila sedang batuk untuk mengeluarkan lendirnya.
Batuk kering: Batuk kering ialah upaya menghilangkan gangguan yang terjadi akibat rasa gatal pada bagian belakang tenggorokan, ini dikarenakan adanya pembengkakan pada saluran pernapasan dan tenggorokan. Batuk kering biasanya awal gejala penyakit pilek dan flu. Batuk juga di ikuti dengan gejala lain seperti demam, mata merah, radang tenggorokan, dan munculnya bengkak pada kelenjar getah bening di bagian bawah lengan, leher dan bagian belakang kepala. Waspada apabila bayi anda mengalami:
  1. Bayi menolak untuk menyusu sehingga terjadi dehidrasi, bisa mengecek bayi mengompol yang biasanya pada kondisi normal buang air kecil tiap 6 jam.
  2. Bayi demam berlangsung lebih dari 3 hari,dengan panas yang tinggi.
  3. Tampak sulit bernapas
  4. Batuk berwarna kuning, hijau atau kecoklatan

Tips untuk meringankan dan obat tradisional batuk

Walaupun sudah banyak obat batuk untuk bayi di luar tetapi alangkah lebih baiknya tidak sembarangan untuk memberi obat, obat dengan resep dokter atau tradisional solusi yang baik untuk bayi karena lebih kecil resiko untuk bayi.
Beberapa langkah mudah untuk meringankan batuk pada bayi
  1. Berikan asi lebih sering karena asi dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Gerakan saat menghisap asi pun dapat menutup saluran eustachius, yaitu saluran penghubung antara hidung dan telinga, yang mampu memperkecil resiko infeksi di dalam telinga yang di akibatkan bakteri pada hidung dan tenggorokan. Apabila bayi sudah 6 bulan keatas dengan MP asi, beri lebih banyak buah dan sayuran.
  2. Jemurlah bayi anda pada sinar matahari pagi, karena sangat baik untuk membunuh bakteri, virus dan jamur yang ada dalam tubuh.
  3. Perbanyak waktu istirahat dan tidur.
  4. Perbanyak minum, terutama air hangat, cairan dapat mengencerkan dahak
  5. Apabila bayi muntah, jangan panik, karena bayi mengeluarkan dahak setelah batuk dengan cara muntah.
  6. Cari tahu penyebab batuk bayi anda, apakah alergi, asma, atau lainnya. Bersihkan rumah anda dari debu, sering-seringlah mencuci boneka dan simpan dengan plastik, menggunakan AC tidak terlalu dingin, bersihkan kipas angin sesering mungkin.
  7. Dengan uap juga dapat mengurangi batuk serta mengencerkan lendir, dapat dengan di mandikan air hangat di kamar mandi yang di tutup pintunya, atau untuk bayi 3 bulan ke atas dapat menggunakan penggosok uap yang dapat di beli di apotik.
  8. Untuk bayi yang berusia 1 hingga 6 bulan anda dapat memijat bayi dengan menggunakan minyak telon dan parutan bawang merah di sekitar punggung dan dada, agar hangat.
  9. Beberapa obat tradisional untuk bayi di atas 6 bulan:
  • Ambil air jeruk nipis campur dengan madu.
  • Buah mangga juga dapat mengurangi batuk pada bayi, dapat di konsumsi langsung atau di jus.
  • Jeruk nipis dengan kecap manis pun dapat meringankan batuk, bahkan untuk orang dewasa.
  • Berkumur dengan air garam, dapat membunuh bakteri di sekitar tenggorokan dan membersihkan lendir.
  • Daun saga juga dapat meringankan batuk, ambil beberapa tangkai daun yang berbentuk kecil ini, kemudian berikan air hangat sedikit lalu remas, berikan air dari daun saga yang sudah di peras satu sendok teh.
Dalam setahun biasanya bayi anda mengalami batuk pilek 6 sampai 10 kali, Hindari bayi dari paparan asap rokok dan debu. Salah satu alasan bayi batuk pilek adalah karena sistem kekebalan tubuh bayi belum matang, sebaiknya jaga bayi anda dari virus dan bakteri dengan menjaga makanan dan pola hidup bersih.

Untuk melihat artikel lainnya mengenai kesehatan bayi dapat di lihat pada :


Artikel Tips mengobati batuk dan pilek pada bayi di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com
Keyword: Bayi batuk pilek,obat batuk bayi, obat batuk untuk bayi, batuk pada bayi, obat batuk tradisional untuk bayi, bayi 1 bulan batuk, batuk pilek pada bayi, mengatasi batuk pada bayi, batuk berdahak pada bayi,obat batuk pilek untuk bayi,obat batuk alami untuk bayi, obat batuk pilek bayi, obat bayi batuk pilek, mengatasi batuk pilek pada bayi, obat batuk berdahak untuk bayi, bayi flu dan batuk, obat batuk buat bayi, obat batuk herbal untuk bayi.

Terima kasih telah berkunjung di Tips Mengobati Batuk dan Pilek Pada Bayi

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia