Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Perkembangan Bayi 24 Bulan

Artikel terkait : Perkembangan Bayi 24 Bulan

Perkembangan bayi 24 bulan
Gambar Perkembangan Bayi 24 Bulan
Perkembangan bayi 24 bulan - Pada saat ini bayi ibu sudah berulang tahun yang ke 2. Pada dasarnya, bayi usia 24 bulan atau 2 tahun sangat ingin tahu segalanya, perkembangan otak 1-2 tahun sangat pesat, maka dari itu orang tua dan keluarga harus mendampingi dan mengajarkan hal-hal yang baik. Batita 24 bulan sangat lincah, dan pertumbuhannya sangan pesat, ia sudah memiliki kemampuan membentuk ingatan bawah sadar dan ingatan sadarnya terutama terkait kemampuan berbahasanya.

Perkembangan bayi 24 bulan

Pernahkah ibu melihat anak 24 bulan berbicara sendiri ketika sedang bermain walau dengan bahasa yang masih sulit di mengerti, biasanya anak anda bermain dengan mainan kesayangannya, atau benda di sekelilingnya dan membuat ceritanya sendiri, biarkan ia bereksperimen dengan lingkungan sekitarnya, sangat lucu melihatnya bermain dengan dunianya sendiri. Anak ibu juga seorang peniru, ia akan meniru tingkah laku orang dewasa di sekelilingnya, pemahaman kata-kata yang di instruksikan oleh orang lain pun sudah dapat di lakukan dan di serap dengan baik. Membaca cerita menjadi hal yang sangat menyenangkan, ia akan merespon setiap cerita yang anda bacakan.
Ciri-ciri perkembangan bayi 24 bulan adalah sebagai berikut :

  • Perkembangan motorik kasar dan halus : Pada usia 24 bulan sudah dapat berlari, meloncat, menyikat gigi tanpa bantuan, mencuci dan mengeringkan tangannya, ia sudah lincah dan perkembangannya sangat pesat. Dapat memegang krayon atau pensil dengan baik, kemudian mencoretkannya ke dalam buku, sudah mulai mencoret-coret dinding rumah anda. Sudah mulai makan sendiri tanpa bantuan walau masih berantakan.
  • Verbal : Mengajaknya berbicara dengan cara "normal" salah satu cara berlatih berbicara yang baik, ia sudah mempunyai kosakata yang banyak untuk berkomunikasi dengan orang lain, walau pun terkadang  masih belum dapat di mengerti.
  • Kognitif : Pada usia 24 bulan, anak sudah dapat melakukan apa yang di perintahkan dengan baik, seperti memintanya berjalan ke arah ibu atau merapihkan mainan. ia juga sedang dalam belajar mengekspresikan emosinya, ia akan memukul, menggigit, mencakar, sebaiknya ibu tidak menanggapinya dengan emosi juga, nasehati dengan bahasa sederhana yang di pahami anak 24 bulan. Usahakan agar ia dapat perduli, senang berbagi dan tidak menyakiti orang lain.
  • Pada usia 24 bulan, batita sudah dapat memakan segala jenis makanan dan masakan yang di makan oleh orang dewasa kecuali yang pedas dan keras. Perhatikan juga makanannya apakah ada yang membuatnya alergi atau tidak, agar memudahkan ibu untuk mengambil tindakan.

Mengajaknya bernyanyi lagu sederhana juga dapat membantu perkembangan bahasanya, ia pun dapat menikmati kebersamaan dengan ibunya. Batita 24 bulan sangat mudah menerima informasi yang ia terima, maka dari itu orang tua harus selalu mengawasi agar tidak terpengaruh informasi atau hal yang tidak baik.
Untuk melihat artikel lainnya mengenai perkembangan bayi dapat di lihat pada :
Artikel Perkembangan bayi 12 bulan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com
keyword : 

Terima kasih telah berkunjung di Perkembangan Bayi 24 Bulan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia