Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Perkembangan Bayi 10 Bulan

Artikel terkait : Perkembangan Bayi 10 Bulan

Perkembangan bayi 10 bulan
Gambar perkembangan Bayi 10 Bulan
Perkembangan bayi 10 bulan - Dalam merawat bayi usia 10 bulan ibu harus ekstra tenaga dan harus lebih berhati-hati, pasalnya, bayi 10 bulan sudah banyak melakukan perkembangan yang menakjubkan, bayi ibu mengeksplorasi sekitar dan menjangkaunya, gerak bayi semakin gesit dan kalau tidak di perhatikan dengan baik akan mengambil atau memegang benda yang berbahaya. Pastikan lingkungan sekitar bayi ibu aman dan nyaman baginya.

Perkembangan bayi 10 bulan

Biasanya bayi 10 bulan sudah mulai bisa melangkahkan kakinya sedikit demi sedikit, walau pun masih merambat dinding atau sofa untuk menyangganya. Dalam melatih kemampuan menggenggamnya, mainan sangat penting untuk menstimulasi otak bayi.

  1. Ajari bayi anda bertepuk tangan ketika bernyanyi atau memujinya ketika melakukan sesuatu yang baik, ia akan senang melakukannya. 
  2. Permainan fisik seperti menggelitik kecil pun membuatnya senang.
  3. Bermain bola akan melitih kemampuan motorik pada bayi 10 bulan, gunakan bola kain yang lembut, pada saat duduk, gulirkan bola dan ajari cara menangkapnya.
  4. Pada umumnya bayi sangat suka sekali bermain air, mandikan bayi 10 bulan dengan bak mandinya, berikan mainan seperti bola-bola plastik dan mulailah berbicara padanya, ini akan melatih kemampuan berbahasanya.
  5. Menggendong bayi di bahu, Permainan ini dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan keseimbangan sehingga ia lebih percaya diri. Dudukan ia di bahu dengan kaki menjulur kedepan, lalu pegang tangan anda.
  6. Puzzel, mulai usia 10 bulan bayi sudah dapat bermain puzzel, namun yang sederhana dan berbentuk besar serta berwarna-warni seperti, balok atau lingkaran kemudian dimasukkan kelubang yang sama bentuknya. permainan ini akan membantu mengasah kemampuan berpikirnya
  7. Kereta dorong, pilih yang aman dudukannya, pastikan mainan ini tak mudah terguling. Bayi 10 bulan akan belajar melangkah salah satunya dengan mainan kereta dorong ini.
Berikut ciri-ciri perkembangan bayi 10 bulan
  • Bayi ibu sudah dapat melakukan tahapan kebisaannya tanpa bantuan orang lain, seperti berguling atau dari duduk ke berdiri (dapat dalam waktu yang lama), lalu merambat, dan melangkahkan kakinya sedikit demi sedikit. Bayi 10 bulan juga dapat meraih sesuatu bengan merangkak lebih cepat, apabila ia tidak merangkak biasanya akan ngesot atau menggunakan tubuhnya untuk berpindah tempat.
  • Motorik halus pada bayi 10 bulan sudah dapat mengontrol jarinya,dapat memegang koin dengan ibu jari dan jari lainnya, ia juga dapat memegang sendok makannya sendiri dan menyuapkan ke dalam mulutnya sendiri.
  • Sangat penting pemberian asi dahulu setelah itu makan. Atur jadwal makan bayi anda agar ia lebih disiplin dan mandiri. Ada beberapa makanan yang baik untuk bayi 10 bulan salah satunya adalah sup, karena terdiri dari sayuran dan ayam, iris kecil-kecil sayur dan ayam agar dapat di makan bayi ibu. Selain itu ibu juga dapat memberikan oats karena olahan dari gandum ini punya kandungan serat yang tinggi sangat baik untuk pencernaan, ibu juga dapat memberikan biskuit untuk camilan.
  • Kemampuan berbahasanya, sudah dapat mengoceh dan mengucapkan 2-3 suku kata tetapi tidak mengetahui artinya seperti, kakak- ma-mu-da-pa dan lainnya.
  • Pada usia 10 bulan bayi masih sulit berinteraksi dengan orang yang belum di kenalnya, latihlah bayi ibu agar tidak takut dengan orang baru dengan cara memperkenalkannya.
  • Biasanya pertumbuhan gigi di mulai dengan gigi seri ke-3 kiri dan kanan,rahang bawah dan rahang atas tumbuh pada usia 7-11 bulan. Mulai gunakan sikat gigi lembut yang bulu sikatnya terbuat dari nilon.
  • pada usia 9-12 bulan kenaikan berat badan bayi tidak secepat seperti sebelumnya, biasanya akan naik sekitar 250-350 gram/ bulan. Berat bayi laki-laki 7.4-11.4 dan bayi perempuan 6.7-10.9.
Beri dukungan kepada bayi 10 bulan anda dengan melatihnya dan beri pujian atas keberhasilannya. setiap perkembangan anak berbeda-beda, jangan berkecil hati apabila bayi ibu belum dapat melakukan milestone sesuai waktunya, karena kemungkinan bayi lamban di satu milestone cepat di milestone yang lain.
Untuk melihat artikel lainnya mengenai perkembangan bayi dapat di lihat pada :

Artikel Perkembangan bayi 1 bulan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com
keyword : Perkembangan bayi 10 bulan, makanan bayi 10 bulan, menu makanan bayi 10 bulan, menu bayi 10 bulan, makanan untuk bayi 10 bulan, perkembangan bayi usia 10 bulan, mainan bayi 10 bulan, makanan bayi umur 10 bulan, makanan bayi usia 10 bulan, bayi usia 10 bulan, bayi umur 10 bulan, perkembangan motorik bayi 10 bulan, pertumbuhan bayi 10 bulan, berat badan bayi 10 bulan, permainan bayi 10 bulan, jadwal makan bayi 10 bulan, perkembangan bayi umur 10 bulan, makanan sehat bayi 10 bulan, 

Terima kasih telah berkunjung di Perkembangan Bayi 10 Bulan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia