Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Perkembangan Bayi 11 Bulan

Artikel terkait : Perkembangan Bayi 11 Bulan

Perkembangan bayi 11 bulan
Gambar Perkembangan Bayi 11 Bulan
Perkembangan bayi 11 bulan - Bayi 11 bulan ibu sudah tumbuh dan berkembang menjadi anak yang aktif dan lincah, terkadang ibu sampai kewalahan untuk menjaganya. Ajak kerjasama ayah atau keluarga untuk bergantian mengajak bermain si kecil, karena ibu juga harus punya waktu untuk diri sendiri bersantai sebentar atau sekedar melakukan sesuatu yang di inginkan. sebab jika ibu terlalu capek dan jenuh dapat berdampak juga terhadap bayi ibu.

Perkembangan bayi 11 bulan

Di usia 11 bulannya bayi ibu sudah dapat berinteraksi dengan teman sesama bayinya atau yang lebih besar, ia juga sudah mengerti berbagi, menginginkan sesuatu dari yang lain dan meminta. Ajari bayi anda untuk bertoleransi dan berbagi. kaki kecilnya pun sudah semakin kokoh untuk mulai melangkah. Terkadang ada bayi yang sudah mulai belajar satu atau dua langkah kemudian terjatuh, selalu perhatikan bayi ibu agar tidak cedera, dan beri semangat agar bayi berusaha untuk belajar berjalan dengan senang.
Bayi 11 bulan ibu sudah dapat mengenali barang-barangnya sendiri, ia dapat membedakan mana yang bukan miliknya mana yang kepunyaannya.
Membaca cerita penting untuk perkembangan kognitifnya dan kemampuan berbahasanya, biarkan bayi ibu berpartisipasi dalam membaca, biasanya ia akan menunjukkan gambar yang menarik, membuka lembaran buku dan bahkan menggigit ujung buku.

Berikut ciri perkembangan bayi 11 bulan :
  • Pertumbuhan yang terhambat juga bisa karena nutrisinya yang kurang atau berlebih, pada umumnya bayi memerlukan kalori sebesar 650 kkal, yang terdapat dari nasi, kentang, atau gandum. Protein yang di perlukan bayi 11 bulan adalah 16 gram, yang terdapat dari ikan, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Kalsium juga sangat penting, selain asi dan susu ada pula buah yang mengandung kalsium seperti pisang, alpukat, pepaya, kiwi dan lainnya, asupan kalsium yang baik adalah 400 mg
  • Kaki bayi 11 bulan sudah semakin kokoh, umumnya ia mampu untuk berdiri sendiri tanpa bantuan, dan dapat melangkahkan kakinya selangkah dua langkah. Latihlah dengan cara memegang kedua tangannya untuk berjalan atau sering di bilang di titah.
  • Dari segi bahasa dan komunikasi bayi umur 11 bulan sudah dapat mengerti apa yang ibu katakan kepadanya, seperti menanyakan mana pesawat? ia akan mencarinya dengan menatap langit. bayi 11 bulan juga sudah dapat meniru apa yang ibu katakan seperti mama, ayah, sapi, meski tidak terdengar sempurna.
  • Dalam berinteraksi bayi 11 bulan sudah dapat berteman dengan sesama bayi lainnya, akan tetapi masih ada ketergantungan kepada ibu, masih takut terhadap orang yang belum di kenalinya. Ajak bayi ibu bermain di luar bersama temannya yang lain agar ia belajar bersosialisasi dengan baik. Anak yang sering bersosialisasi maka akan semakin cerdas.
  • berat badan bayi 11 bulan yang ideal menurut WHO adalah 7.6-11.7 kg untuk anak laki-laki. 6.9-11.2 kg untuk anak perempuan.
Pada masa usia 11 bulan, bayi sudah mulai mengembangkan pergerakan tangannya, ia sudah dapat mengambil sesuatu yang kecil dengan menggunakan telunjuk dan jempol tidak lagi merauk. Pada saat merangkak, bayi pun sangat senang mendorong-dorong mainan keretannya, itu pun cara ia menstimulasi perkembangannya untuk mulai berjalan. Untuk bayi yang baru berjalan, ia akan belajar untuk berlari dan jatuh sempoyongan ini di karenakan kakinya masih belum sempurna untuk menyangga tubuhnya dengan benar.

Untuk melihat artikel lainnya mengenai perkembangan bayi dapat di lihat pada :

Artikel Perkembangan bayi 1 bulan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com
keyword: Perkembangan bayi 11 bulan, makanan bayi 11 bulan, perkembangan bayi usia 11 bulan, bayi usia 11 bulan, makanan untuk bayi 11 bulan, makanan bayi umur 11 bulan, makanan bayi usia 11 bulan, perkembangan bayi umur, bayi umur 11 bulan, pertumbuhan bayi 11 bulan, berat badan bayi 11 bulan, tumbuh kembang bayi 11 bulan, 

Terima kasih telah berkunjung di Perkembangan Bayi 11 Bulan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia