Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Cara Menurunkan Panas Pada Bayi

Artikel terkait : Cara Menurunkan Panas Pada Bayi

Cara menurunkan panas pada bayi
Gambar Cara Menurunkan Panas Pada Bayi
Cara menurunkan panas pada bayi - Cara menurunkan panas pada bayi biasanya menggunakan paracetamol  (acetaminophen) atau ibuprofen, akan tetapi obat-obat kimia akan mempunyai efek lain seperti masalah ginjal dan maag. Untuk bayi sebaiknya hindari obat yang ada asprinnya karena akan mengakibatkan resiko pembengkakan pada hati dan otak.Sebaiknya hindari obat-obat kimia apabila bayi anda panasnya tidak terlalu mengkhawatirkan.
Demam merupakan kondisi alami tubuh bereaksi terhadap suatu penyakit, demam pertanda tubuh sedang melawan infeksi karena suhu yang tinggi tersebut memperlambat pertumbuhan virus dan bakteri, maka demam bukanlah suatu penyakit utama.
Berikut tips cara menurunkan panas pada bayi anda:
  1. Mandikan bayi anda dengan air hangat, apabila tidak memungkinkan  mandi, lap dengan handuk atau washlap yang hangat.
  2. Perbanyak pemberikan asi dan air putih, biasanya efek dari demam adalah dehidrasi.
  3. Buka baju bayi anda, kompres dengan air hangat, karena akan merangsang keluarnya keringat, air yang terlalu dingin akan membuat bayi menggigil, kompres di lipatan ketiak dan lipatan paha dengan menggunakan washlap atau handuk kecil, kompres sampai air hangatnya sudah berkurang, ulangi lagi dengan membasahi air hangat, lakukan sampai suhu tubuh bayi menurun. Selesai mengompres, seka bagian yang habis di kompres dengan handuk kering, pilih baju yang longgar dan tipis. 
  4. Apabila bayi panas tinggi dan tidak mau di kompres, maka lakukan dengan cara, buka pakaian ibu dan bayi, lalu tempelkan tubuh bayi ke tubuh ibu, maka suhu panas bayi akan pindah ke tubuh ibu. Perbanyak minum air putih akan menghilangkan panas dan haus.
  5. Sebaiknya perbanyak istirahat, karena apabila terlalu banyak bergerak temperatur tubuh akan meningkat dan mudah lelah.
  6. Untuk bayi yang sudah 6 bulan keatas, berikan makanan yang bergizi tinggi seperti sop dengan sayuran yang diberi kaldu ayam atau daging.
  7. Bawang merah memiliki kandungan yang dapat menurunkan panas  pijat bayi anda dengan menggunakan campuran bawang merah yang sudah di parut dengan minyak kayu putih atau minyak kelapa, dapat juga minyak telon. Pijat searah jarum jam.

Obat tradisional untuk membantu menurunkan panas bayi

  • Air kelapa muda, untuk menurunkan suhu tubuh yang panas dan menggantikan cairan yang keluar dari keringat, karena air kelapa muda banyak mengandung mineral.
  • Kunyit, memiliki kandungan minyak atsiri, turmeron, curcumin dan zingiberen yang dapat bermanfaat untuk anti peradangan, antioksidan, dan anti bakteri. Cuci bersih kunyit, parut dan beri air panas, kemudian saring beri sedikit perasan jeruk nipis dan madu, minumkan pada bayi umur lebih dari 6 bulan sehari 3 kali.
Apabila bayi panas di usia bawah 3 bulan sebaiknya segera bawa ke dokter, bayi 3-6 bulan dengan suhu tubuh lebih dari 38 derajat dan bayi 6 bulan ke atas dengan suhu tubuh lebih dari 39 derajat, sebaiknya segera periksakan ke dokter, adapun keluhan lain yang harus segera periksakan ke dokter apabila demam tak kunjung sembuh dalam 3 hari, muntah, diare, kejang, atau lemas yang berlebihan.

Untuk melihat artikel lainnya mengenai kesehatan bayi dapat di lihat pada :


Artikel Cara menurunkan panas pada bayi di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com
Keyword : Bayi panas, kepala bayi panas, bayi demam panas, bayi panas tinggi, badan bayi panas, mengatasi bayi panas, panas pada bayi, obat penurun panas bayi, obat panas bayi, cara mengatasi bayi panas, mengatasi panas pada bayi, bila bayi panas, obat panas untuk bayi, penyebab bayi panas, obat penurun panas untuk bayi, cara menurunkan panas bayi, menurunkan panas pada bayi, obat bayi panas, penurun panas bayi, obat turun panas bayi, menurunkan panas bayi, bayi sakit panas, obat tradisional bayi panas, demam panas bayi.

Terima kasih telah berkunjung di Cara Menurunkan Panas Pada Bayi

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia