Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Bayi 8 Bulan Lebih Belum Merangkak?

Artikel terkait : Bayi 8 Bulan Lebih Belum Merangkak?

Bayi 8 Bulan Lebih Belum Merangkak?
Gambar Bayi 8 Bulan Lebih Belum Merangkak?
Bayi 8 bulan lebih belum merangkak - Banyak ibu yang khawatir bayinya belum bisa merangkak juga meski sudah berusia lebih 8 bulan. Merangkak adalah transisi antara duduk dan berdiri. Ada beberapa ahli yang berpendapat bayi yang tidak merangkak otot bagian atas bayi termasuk tangan menjadi kurang terlatih, efeknya kemampuan anak menyangga bagian tubuh atas seperti menulis, mengenakan pakaian, memanjat, menjadi agak lambat. Juga berpengaruh pada kecerdasan karena gerakan tangan menyilang dan saat merangkak merangsang kedua belah otak untuk lebih cepat tanggap.
Akan tetapi banyak pula para ahli yang berpendapat bahwa merangkak bukan suatu pencapaian yang harus di lalui oleh setiap bayi, jadi merangkak bukan tonggak penting dalam perkembangan, sehingga tidak masalah apabila bayi tidak mengalami fase merangkak. Apabila bayi mengalami ngesot, merangkak mundur atau langsung berjalan Yang merupakan suatu pencapaian adalah bayi dapat melakukan tahap perkembangan pentingnya yaitu, tengkurap, duduk, berdiri dan lainnya.

Cara menstimulasi bayi merangkak

Ada beberapa penyebab kenapa bayi ibu tidak merangkak yaitu:

  1. Sering di gendong, bayi yang sering di gendong akan mengalami kesulitan dalam beraktifitas dan bergerak. Biarkan bayi bebas bergerak agar perkembangannya tidak terhambat.
  2. Sering di telentangkan,memang baik untuk bayi untuk tidur dalam posisi telentang untuk menghindari sindrom bayi tidak bernafas, akan tetapi sedari dini baik untuk bayi belajar tengkurap meskipun belum bisa, dengan syarat bayi dalam keadaan terbangun.
  3. Bayi malas atau lemah

Cara melatih bayi agar merangkak

Ibu dapat membantu untuk menstimulus bayi agar segera merangkak, akan tetapi jangan sampai memaksakan bayi hingga ia menangis. Bayi mulai siap merangkak usia 6-10 bulan, paling banyak pada usia 7 bulan sudah mulai melakukan gerakan merangkak..
  1. Pastikan bayi ibu sudah dapat tengkurap dengan baik. Sering-seringlah menegkurapkannya di kasur atau karpet dan pastikan aman
  2. Rangsang dengan mainan kesukaan, caranya letakkan mainan di depannya agar ia mencoba untuk meraihnya. Beri semangat dengan bertepuk tangan dan beri pujian.
  3. Merangkak bersama bayi juga dapat membantu mencontohkan kepadanya cara merangkak yang benar.
  4. Biarkan bayi bergerak bebas dan mengeksplorasi lingkungan sekitarnya, yang kita perhatikan hanya agar ia tidak terluka atau terjatuh.
Apabila bayi ibu belum dapat merangkak karena malas atau kurang stimulasi, biarkan ia belajar merangkak terlebih dahulu, jangan langsung belajar berdiri. Akan tetapi apabila bayi terlihat lemah, atau otot tegang, sebaiknya konsultasikan ke dokter anak atau terapi ke fisioterapis, pijat senam, juga terapi okupasi.

Artikel Mengenai Bayi 8 Bulan Lebih Belum Merangkak? di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com
Keyword: bayi 8 bulan belum bisa merangkak, bayi belum bisa merangkak, bayi merangkak umur berapa, bayi tidak merangkak, usia bayi merangkak, kapan bayi bisa merangkak.


Terima kasih telah berkunjung di Bayi 8 Bulan Lebih Belum Merangkak?

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia