Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Perkembangan Bayi 8 Bulan

Artikel terkait : Perkembangan Bayi 8 Bulan

Perkembangan bayi 8 bulan
Gambar Perkembangan Bayi 8 Bulan
Perkembangan bayi 8 bulan - Setiap bulan perkembangan bayi anda pasti berbeda, jangan takut apabila perkembangan bayi ada yang cepat atau lambat, pastikan kondisi perkembangannya tidak terlalu terlambat di usia yang umum. Tahap eksplorasi perkembangan bayi 8 bulan sangat pesat, itu membuat ibu kagum akan tumbuh kembangnya.

Perkembangan bayi 8 bulan

Pada tahap perkembangan bayi 8 bulan sudah sangat berbeda pada saat bayi baru di lahirkan, ia sudah tumbuh semakin kuat, lincah, pintar dan menggemaskan. Saat usia 8 bulan ini bayi anda sudah dapat merangkak, dan mulai berdiri, kaki-kaki kecilnya sudah semakin kuat untuk menopang tubuhnya. Permainan bayi usia 8 bulan sebenarnya sama seperti pada usia 4 bulan dan seterusnya, hanya saja bila di perlukan bayi anda senang apabila di taruh ke dalam baby walker, bayi anda akan bebas berjalan kesana-kemari tanpa halangan. Bermainlah dengan bayi anda, beri stimulasi pada perkembangannya dengan cara bermain.

Ciri-ciri perkembangan bayi usia 8 bulan adalah :

  • Merangkak, pada usia bayi 8 bulan ia sudah dapat merangkak dengan baik, tetapi ada bayi yang memang tidak merangkak di tahap perkembangannya. Ibu tak usah khawatir, karena merangkak bukanlah suatu pencapaian yang harus di lalui oleh setiap bayi karena ia bukan milestone atau tonggak penting perkembangan, seperti halnya duduk atau berdiri yang memang harus ada. Merangkak merupakan transisi antara duduk dan berdiri, tak jarang ada pula bayi yang mengesot.
  • Bayi usia 8 bulan sudah mulai belajar berdiri, kakinya sudah cukup kuat untuk menopang badannya, tak mudah untuk bayi melakukan hal tersebut, stimulasikan bayi ibu untuk belajar berdiri dengan memberi sesuatu yang menarik baginya, agar bayi ibu semangat belajar berdiri.
  • Dalam kemampuan berkomunikasi bayi usia 8 bulan sudah mengerti artinya tidak, boleh atau jangan. Bayi anda juga sudah mengetahui namanya sendiri dan akan menoleh apabila di panggil namanya. Ia juga sudah dapat mengucapkan kata-kata lucu sambil mengoceh.
  • Gigi bayi anda sudah semakin banyak dan dapat mengunyah biskuit bayi, sering-seringlah membersihkannya. Ada juga bayi yang memang belum tumbuh giginya di usia 8 bulan, akan tetapi itu masih normal terjadi. Gigi susu terakhir tumbuh pada usia 2-3 tahun, pada usia tersebut gigi susu sudah tumbuh dengan lengkap yaitu 20 buah, dan akan tanggal pada usia 6-7 tahun berganti dengan gigi tetap.
  • Tidur bayi usia 8 bulan sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya, akan tetapi terkadang ada bayi yang tidurnya terganggu dengan pertumbuhan giginya karena gatal dan risih atau perkembangan lainnya yang membuat bayi anda tidak nyaman. Segeralah cari tahu penyebabnya, kemudian beri solusi atas ketidak nyamanan bayi anda seperti, apabila giginya tumbuh beri parasetamol.
  • Makanan bayi usia 8 bulan sudah mulai beragam, bayi 8 bulan sudah mulai memakan bubur yang tidak bertekstur terlalu halus, ia cenderung lebih suka bubur yang agak sedikit berbentuk nasi atau tidak di lumatkan, dikarenakan giginya sudah tumbuh dan sudah mulai bosan dengan bubur yang teksturnya halus. Bayi ibu pun sudah senang dengan pergantian menu setiap harinya sudah dapat merasakan asin dan manis, tidak seperti di awal-awal bulan yang cenderung menyukai rasa manis.
  • Bayi ibu belum bisa duduk di usia 8 bulan?, banyak faktor yang mendukung terjadinya hal tersebut antara lain, lingkungan yang membuatnya tidak melakukan aktifitas fisik, seringnya bayi di ayun di gendong atau terlalu sering di taruh di kereta bayi, faktor gizi juga mempengaruhi, tapi yang paling sering terjadi adalah faktor kematangan (maturation) yaitu belum matangnya otot-otot motorik pada bayi.
  • Berat badan yang ideal menurut WHO pada bayi 8 bulan adalah : 6.9-10.7 kg untuk bayi laki-laki dan 6.3-10.2 kg untuk bayi perempuan.

Bayi 8 bulan sudah dapat mengerti nada bicara ibu, ia dapat mengerti apakah ibu marah, bercanda atau senang. Secara motorik bayi 8 bulan sudah dapat memungut benda yang lebih kecil dan membuangnya lalu memungutnya kembali, ia melakukannya untuk kesenangan. Sudah dapat duduk tegak, merangkak, dam sudah mengeksplorasi rumah. Maka dari itu hindari hal-hal yang dapat membahayakan bayi anda dalam rumah seperti, merapihkan kabel listrik agar tidak dapat di jangkau bayi, menaruh barang-barang yang dapat membahayakan bayi jauh dari jangkauannya.

Untuk melihat artikel lainnya mengenai perkembangan bayi dapat di lihat pada :

Artikel Perkembangan bayi 1 bulan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com
keyword : Makanan bayi 8 bulan, perkembangan bayi 8 bulan, menu makanan bayi 8 bulan, makanan untuk bayi 8 bulan, bubur bayi 8 bulan, perkembangan bayi usia 8 bulan, jadwal makan bayi 8 bulan, bayi 8 bulan belum tumbuh gigi, mpasi bayi 8 bulan, makanan bayi umur 8 bulan, mainan bayi 8 bulan, mainan untuk bayi 8 bulan, bayi usia 8 bulan, makanan bayi usia 8 bulan, bayi umur 8 bulan, bayi 8 bulan belum bisa duduk

Terima kasih telah berkunjung di Perkembangan Bayi 8 Bulan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia