Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Perkembangan Bayi 7 Bulan

Artikel terkait : Perkembangan Bayi 7 Bulan

Perkembangan bayi 7 bulan
Gambar Perkembangan Bayi 7 Bulan
Perkembangan bayi 7 bulan - Seorang ibu pasti sudah sangat mengenal bayinya sejauh ini, perkembangannya, sifatnya, dan apa saja yang membuat bayi ibu kesal dan senang.
Milestone atau tonggak penting perkembangan bayi harus selalu ada dan bertahap, seperti mulai menggerakkan tangan hingga tengkurap dan duduk pada awal bulan lalu, sampai berjalan dan perkembangan lainnya pada bulan kedepan. Semua tahapan milestone bayi harus di perhatikan dengan baik jangan sampai terlewat. Perkembangan motorik halus dan motorik kasarnya harus sesuai dengan usia bayi, memang ada saja bayi yang lambat perkembangannya asalkan tidak terlalu jauh dari usianya, tetapi jika memang keterlambatannya mengkhawatirkan tak ada salahnya anda konsultasikan dengan dokter.

Perkembangan bayi 7 bulan

Pada perkembangan bayi 7 bulan ini yang sekarang terlihat adalah pada saat bayi ibu sudah mulai melakukan onggong-onggong, dan belajar merangkak. Bayi ibu sudah dapat duduk dengan tegak, dapat memegang benda yang kecil dengan cara menjumput benda atau makanan tersebut dan meraupnya, bayi ibu pun sudah dapat makan biskut sendiri, dan sudah tidak dapat ditinggal oleh ibunya sendiri karena sudah mempunyai perasaan cemas.
Mulailah bermain dengan bayi usia 7 bulan dengan cara :

  1. Bermain ciluk ba, tutup wajah anda dengan kedua tangan anda, kemudian buka tangan anda dengan tiba-tiba sambil mengucap ciluk ba, buat wajah seriang mungkin,
  2. Bernyanyilah dengan bayi anda, pilihlah lagu yang riang dan sesuai dengan usia bayi seperti cicak di dinding, naik kereta api. Dan pada saat tidur nyanyikanlah lagu nina bobo.
  3. Mendongeng, Bayi usia 7 bulan sudah dapat mendengar anda mendongeng, karena rasa ingin tahunya yang sangat kuat, pilih buku untuk usianya yang berwarna berceritalah dengan ekspresif.
  4. Mengenal bentuk dan warna, pilih permainan yang berbentuk dan berwarna, seperti balok-balok, mainan yang di susun, bola-bola berwarna-warni.
  5. Bayi anda suka sekali bertepuk tangan, sambil bernyanyi tepuk-tepuklah tangan anda agar semakin riang, ajari juga cara melambaikan tangan (da dah) atau salaman kepada bayi anda karena bayi usia 7 bulan suka bereksplorasi dengan menggunakan tangannya.
  6. Kenali namanya sejak dini, Bayi anda pun sudah mengerti apabila di panggil namanya, panggillah nama bayi anda sesering mungkin dengan gaya bicara yang lucu dan riang.
  7. Beri bayi ibu sesuatu yang sangat menarik perhatiannya, seperti boneka, atau mainan kesukaan kemudian biarkan ia meraihnya dari tangan anda, kemudian anda mundur dengan perlahan, ini untuk menstimulasi perkembangan bayi seperti merangkak atau berjalan.

ciri-ciri perkembangan bayi 7 bulan sebagai berikut :
  • Waktu tidur bayi usia 7 bulan sekitar 12 jam, lebih sedikit di banding bulan-bulan sebelumnya. Waktunya mengatur pola tidur bayi anda pada saat usia ke 7 bulan ini, hindari bermain pada saat jam-jam tidur bayi, matikan lampu, itu memberi isyarat jika waktu sekarang adalah waktunya tidur. Pada siang hari bayi tertidur 2 kali sehari dalam jangka waktu 2-3 jam.
  • Pada saat bayi ingin meraih sesuatu yang menarik perhatiannya, bayi usia 7 bulan sudah dapat mencondongkan badannya ke depan, pada saat sedang duduk, selanjutnya ia akan berlutut sambil bertopang dengan kedua tangannya, tahap ini bayi sudah mulai belajar merangkak. Sebagian orang menyebutnya dengan onggong-onggong, mengayunkan badannya kedepan dan belakang.
  • Bayi 7 bulan sudah dapat mengetahui arah suara berasal, tersenyum, dan merespon ketika di ajak bicara. Apabila bayi ibu belum bisa merespon dengan baik, segeralah konsultasikan.
  • Kosa kata bayi 7 bulan pun sudah beragam seperti sudah dapat mengucap ku kak, gu ge, mo mi dan sebagainya, berteriak dan tertawa pun sudah semakin jelas tujuannya untuk mengungkapkan perasaan atau maksud.
  • Bayi biasanya sudah mulai gelisah, dan akan menimbulkan reaksi negatif jika bertemu dengan orang asing, kondisi ini biasa di kenal dengan istilah Stranger anxiety. ini merupakan proses yang normal, karena pada usia ini bayi sudah mengenal orang yang dekat dan tidak.
  • Atur jadwal makan bayi anda dengan baik, pada usia 7 bulan beri bayi ibu makan 2 kali dengan porsi agak lebih di banding bulan lalu yaitu tiga setengah sendok makan bubur susu atau nasi yang halus. pilihan menunya pun sudah semakin beragam seperti wortel, bayam, ati ayam, ikan lele, dan buah yang tidak beresiko alergi. Salah satu cara praktis membuat makanan bayi ibu adalah bubur wortel hati ayam, caranya siapkan nasi hangat lembek, hati ayam dan wortel yang telah di rebus, kaldu ayam dari rebusan ayam dan tulang yang dapat di simpan ke dalam kulkas hingga beberapa hari, kemudian blender semua bahan hingga lembut, tambahkan garam sedikit.
  • Usia 7 bulan bayi anda gigi seri sampinglah yang biasa tumbuh, sering-seringlah membersihkan gigi susu bayi anda dengan kain bersih yang lembut, kemudian basahi kain lalu gosokkan perlahan dan lembut ke gigi bayi ibu.
  • Gagal tumbuh pada bayi adalah keadaan kurang gizi (mal nutrisi) yang disebabkan kurangnya nutrisi, gangguan penyerapan kalori dari makanan atau pengeluaran kalori yang berlebihan. Apabila berat badan bayi di bawah persentil dari grafik pertumbuhan anak atau berat badan yang menembus 2 garis persentil pada grafik pertumbuhan maka ini dapat di golongkan sebagai failure to thrive atau gagal tumbuh. maka hindarilah bayi anda dari berat badan di bawah garis grafik pertumbuhan, berat badan bayi 7 bulan ideal menurut WHO adalah 6.7-10.3 untuk laki-laki, dan 6.0-8.9 untuk perempuan.
Demikianlah ciri-ciri pertumbuhan bayi 7 bulan, semoga ibu dapat memberikan stimulasi yang tepat untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan baik.

Untuk melihat artikel lainnya mengenai perkembangan bayi dapat di lihat pada :

Artikel Perkembangan bayi 1 bulan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

keyword : Makanan bayi 7 bulan, perkembangan bayi 7 bulan, resep makanan bayi 7 bulan, makanan untuk bayi 7 bulan, menu makanan bayi 7 bulan, perkembangan bayi usia 7 bulan, resep bubur bayi 7 bulan, jadwal makan bayi 7 bulan, bayi 7 bulan bisa apa, bubur bayi 7 bulan, bayi usia 7 bulan, mainan bayi 7 bulan, mpasi 7 bulan, bayi umur 7 bulan, menu bayi 7 bulan, makanan bayi usia 7 bulan, resep mpasi bayi 7 bulan, menu makanan bayi 7 bulan, makanan bayi umur 7 bulan, berat badan bayi 7 bulan.

Terima kasih telah berkunjung di Perkembangan Bayi 7 Bulan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia