Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Perkembangan Bayi 6 Bulan

Artikel terkait : Perkembangan Bayi 6 Bulan

Perkembangan bayi 6 bulan
Gambar Perkembangan Bayi 6 Bulan
Perkembangan bayi 6 bulan - Sudah saatnya di perkembangan bayi 6 bulan ini ibu mempersiapkan makanan untuk bayi tercinta, karena di usia 6 bulan bayi sudah di perbolehkan mencoba makanan lain selain asi. Setiap perkembangan bayi selalu menarik perhatian orang tua, apalagi bila ini adalah bayi pertama anda. Orang tua terutama ibu harus punya pemahaman lebih tentang perkembangan dan perawatan bayi, agar dapat selalu sigap apabila terjadi hal yang mungkin tidak di inginkan. Seringkali bayi sakit panas atau mencret, tapi tenanglah, terkadang itu hanya penanda bahwa bayi anda sudah mengalami kepintaran di perumbuhannya. tetaplah waspada, persiapkan obat yang benar seperti parasetamol atau oralit.

Perkembangan bayi 6 bulan

Semakin lama bayi anda mengalami pertumbuhan yang luar biasa, dari tidak bisa apa-apa menjadi banyak kepandaian. Sudah lebih kuat, lincah dan banyak tingkah yang membuat tertawa kadang kesal.
bayi 6 bulan sudah waktunya diberi makanan pendamping asi, agar lebih kuat,lincah dan berkembang. Mainan pun sudah semakin banyak membantu perkembangan bayi di usia 6 bulan ini, dan berfungsi sebagai stimulasi kecerdasan, gerakan panca indera, dan pengenalan terhadap lingkungannya. Perhatikan keamanan dari mainan bayi, baik itu dari segi bahan, tekstur dan ukuran. Jangan lupa beri bayi anda mainan yang beredukasi. Mainan bayi masih ada beberapa yang sama pada saat di usia sebelumnya seperti :
  1. Mainan yang berbunyi atau putar musik, banyak sekali mainan yang mengeluarkan musik dengan berbagai bentuk, biarkanlah bayi anda untuk ikut memencet tombol yang mengeluarkan bunyi tersebut. Hindari bunyi-bunyian yang terlalu keras dari mainan.
  2. Alat musik, pilih alat musik yang aman sesuai ukuran bayi anda, alat musiknya seperti : drum mini, piano kecil, terompet plastik.
  3. Rattle, mainan ini dapat digenggam oleh bayi dan berbunyi. karena bahannya yang terbuat dari plastik, karet, atau kain. Selalu bersihkan mainan yang sering di masukkan ke dalam mulut untuk mencegah masuknya organisme lain ke dalam perut.
  4. Tetther, ini juga mainan yang dimasukkan ke dalam mulut bayi, mainan ini dapat membantu merangsang tumbuh gigi pada bayi dan membantu mengurangi sakit karena tumbuh gigi karena pada saat bayi anda baru tumbuh giginya ia akan merasa gatal dan ingin menggigit sesuatu.
  5. Kaca, bayi sangat suka sekali melihat wajah, apalagi mungkin melihat wajahnya sendiri. Mainan ini dapat membuat bayi mengenali dirinya sendiri. Pilih kaca yang terbuat dari bahan plastik yang tidak tajam.
  6. Senter mainan, perlihatkan warna-warna yang ada di senter tersebut untuk mengembangkan kemampuan visualnya dan mengajari perbedaan warna.
  7. Bola, pilih yang berbahan kain atau plastik tebal agar tidak keras. Bermainlah dengan bayi anda menangkap bola dan melempar dengan di gelindingi.
  8. Boneka jari, berceritalah dengan media boneka jari tersebut, pilih karakter yang bayi anda suka.
Baiklah, sekarang kami ingin berikan ciri-ciri perkembangan bayi 6 bulan sebagai berikut :
  • Tidur bayi usia 6 bulan sudah teratur saat malam sudah tidak terjaga lagi, beri asi yang cukup saat anda sudah hendak tidur. Tidur siang biasanya 2-3 jam perhari selama 2 kali dari pagi dan siang. tetapi memang tidak selamanya seperti itu, banyak faktor bayi tidak tertidur lama, berisik atau cuaca panas dan dingin dapat mempengaruhi porsi tidur bayi anda. Selidikilah penyebabnya.
  • Bayi usia 6 bulan sudah belajar memaksimalkan fungsi jari mereka, bayi 6 bulan sudah dapat memegang benda kecil dan memasukkannya kedalam mulut untuk mengidentifikasi benda tersebut karena keingintahuannya, maka dari itu ibu harus benar-benar memperhatikan jangan sampai bayi memasukkan benda yang berbahaya.
  • Duduk, perkembangan yang sangat terlihat pada bayi usia 6 bulan, posisinya sudah semakin kuat, malah bayi 6 bulan sudah mempunyai ancang-ancang untuk merangkak. Sudah semakin gesit dalam tengkurap, bisa berbalik dari tengkurap ke telentang, ibu harus mewaspadai ketika bayi sedang tertidur, jangan sampai terjatuh.
  • Bicara bayi 6 bulan sudah semakin berkembang, bayi 6 bulan sudah dapat mengucapkan kata ma ma,pa pa pa, ka ka, ku ku, dan lainnya. perbanyaklah bercerita agar pembendaharaan bahasa bayi semakin banyak. Permainan ciluk ba juga membantu bayi mengenal ekspresi, juga dapat menghibur bayi.
  • Gigi pada bayi biasanya sudah mulai mau tumbuh pada usia bayi 6 bulan, terkadang bisa sebelum atau sesudah  bulan ke 6. Sebenarnya gigi sudah ada pada saat bayi di dalam kandungan yaitu pada bulan ke 4 usia kehamilan, bayi menyerap kalsium dari aliran darah anda. Tanda bayi anda mau tumbuh gigi adalah sering menggigit puting anda saat menyusu, karena bayi merasa gusinya gatal dan sedikit nyeri, terkadang disertai panas juga, oleh sebab itu selalu sedia parasetamol. Apabila di raba pada gusi akan terasa giginya yang tumbuh.
  • Bayi usia 6 bulan sudah siap menerima makanan padat selain asi, untuk awal makanannya, berilah bayi buah yang mudah di cerna seperti pisang, bubur susu, dan sereal yang di campur dengan asi. Beri bayi anda makan 2 kali, pagi dan sore hari dengan takaran bubur susu sebanyak 3 sendok makan, atau 1 buah pisang matang. Hindari penggunaan peralatan plastik dan melamin.
  • Berat badan bayi 6 bulan umumnya 6.4-9.8 kg untuk laki-laki, dan 5.7-9.3 kg untuk perempuan. Selalu pantau perkembangan bayi anda setiap bulannya.
Demikianlah ciri perkembangan bayi 6 bulan, persiapkanlah perkembangan bayi anda selanjutnya dengan matang, dan terencana. Berikanlah bayi anda ruangan dan lingkungan yang aman dan bersih serta menyenangkan, agar pertumbuhannya selalu maksimal. Tetapi apabila pertumbuhannya agak sedikit terlambat jangan putus asa, setiap perkembangan bayi memang terkadang berbeda, andalah yang harus merangsang perkembangannya agar lebih optimal.

Untuk melihat artikel lainnya mengenai perkembangan bayi dapat di lihat pada :

Artikel Perkembangan bayi 1 bulan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

keyword : Makanan bayi 6 bulan, perkembangan bayi 6 bulan, jadwal makan bayi 6 bulan, makanan untuk bayi 6 bulan, menu makanan bayi 6 bulan, mpasi bayi 6 bulan, mainan bayi 6 bulan, buah untuk bayi 6 bulan, makanan sehat untuk bayi 6 bulan, perkembangan bayi usia 6 bulan, makanan bayi usia 6 bulan, makanan pertama bayi 6 bulan, bayi 6 bulan bisa apa, makanan bayi umur 6 bulan, mpasi untuk bayi 6 bulan, bayi usia 6 bulan, jadwal mpasi bayi 6 bulan.

Terima kasih telah berkunjung di Perkembangan Bayi 6 Bulan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia