Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Perkembangan Bayi 9 Bulan

Artikel terkait : Perkembangan Bayi 9 Bulan

Perkembangan bayi 9 bulan
Gambar Perkembangan Bayi 9 Bulan
Perkembangan bayi 9 bulan - Mempunyai seorang bayi adalah kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi orang tua, apalagi usia bayi anda sudah menginjak 9 bulan, mereka sudah waktunya berjelajah dan mempunyai macam berkembang seperti merangkak, duduk dan mulai berjalan. Sudah menjadi tugas seorang ibu untuk memastikan bayi aman dan melakukan perkembangan milestonenya sesuai dengan tahapannya.

Perkembangan bayi 9 bulan

Perkembangan di setiap bayi pada tahun pertama memang berbeda-beda, ada yang cepat dan lambat. sikapi dengan baik perkembangan mileston bayi anda, seringlah beri stimulasi di setiap perkembangannya agar semakin maksimal seperti, bermain bersama bayi, dan memberikan mainan yang sesuai dengan kemampuan bayi pada tahap tertentu. Lakukan permainan dan beri mainan pada bayi anda dengan cara:

  1. Bayi usia 9 bulan sudah berdiri dan mulai belajar berjalan, berikanlah ia sepatu bayi untuk bermain di luar, atau kaus kaki anti selip untuk di dalam ketika udara terasa dingin. Bayi yang sedang belajar berjalan sebaiknya tidak memakai alas kaki apapun ketika belajar agar mempermudah bayi untuk melangkah.
  2. bermainlah dengan boneka yang di sukai bayi anda, buatlah percakapan dengannya, berbicaralah sebanyak dan selucu mungkin.
  3. Bayi usia 9 bulan sudah bereksplorasi, beri ia mainan mencari pola atau bentuk, seperti memasukkan ring dari yang terkecil hingga terbesar atau memasukkan benda kotak ke lubang kotak, lingkaran ke lubang lingkaran, dan permainan lainnya.
  4. Berikan bayi anda gelas kecil yang bergagang, untuk menstimulasi genggamannya dengan baik, sering bayi anda akan menumpahkan air yang ada di dalam gelas karena bayi 9 bulan belum dapat mengontrol tangan, dan mulutnya dengan sempurna .
  5. Bayi mulai meniru apa yang di dengarnya, buatlah tiruan suara seperti suara binatang, atau kendaraan. Berikan juga bayi kosakata yang beragam, buatlah ia untuk meniru apa yang anda katakan dengan mengatakannya berulang, apabila ia bisa menirunya berikan tepuk tangan dan sorakan kecil tanda penyemangat dan hiburan.
  6. Sering-seringlah bercerita dan bersenandung bersama bayi anda, itu membuatnya lebih cerdas dan pintar. 
Ciri-ciri perkembangan bayi 9 bulan sebagai berikut :

  • Ciri yang paling terlihat pada bayi 9 bulan adalah belajar berdiri dan melangkah, bayi ibu mulai merambat atau berjalan sambil bemegang tembok atau benda yang membantunya untuk melangkahkan kakinya sedikit demi sedikit. Bayi ibu sudah mulai kuat untuk berdiri sendiri atau mencari bantuan pegangan, perhatikan bayi anda, mungkin saat belajar berdiri dan melangkah ia akan sering terjatuh karena memang belum sempurna.
  • Motorik halusnya bayi meningkat, bayi 9 bulan dapat menjepit, meraup dan menggenggam benda atau makanan kemudian di masukkan ke dalam mulutnya, mengapa ia memasukkannya ke dalam mulut?, bayi ibu mengeksplorasi rasa keingintahuannya terhadap suatu benda atau barang dengan cara merasakan kemudian memasukkannya ke dalam mulut. terkadang itu juga bisa berarti mengurangi rasa gatal gigi yang baru tumbuh pada bayi anda dengan cara menggiggit benda yang di pegangnya. Ia juga sudah dapat mengambil sesuatu yang kecil dengan jari telunjuk dan jempolnya dengan baik.
  • Gigi bayi 9 bulan belum tumbuh? untuk mengetahui penyebabnya sebaiknya bawa ke dokter gigi, akan tetapi setiap bayi berbeda tumbuh kembangnya, belum tumbuh gigi pada bayi 9 bulan masih wajar terjadi.
  • Buatlah bayi 9 bulan ibu tidur berkualitas, karena ia mulai susah tidur, saat ini bayi ibu sedang asik berekplorasi dan menemukan hal baru, bisa juga karena masa tumbuh giginya yang membuatnya kurang nyaman, tidak berbeda dengan bulan-bulan sebelunya, bayi ibu tidur malam 8 jam, dan tidur siang dua kali selama 2-3 jam per tiap tidurnya. pada saat jadwal tidur siang buat bayi ibu kenyang terlebih dahulu, setelah ia lelah dengan aktifitas bereksplornya.
  • Dalam berkomunikasi, bayi ibu sudah dapat merekam, mengetahui, bahkan mengulang apa yang ibu katakan seperti, mengatakan mooo, yang itu berarti suara dari binatang sapi, terkadang ia pun dapat meniru suara tersebut. saat ibu mengatakan susu itu berarti tanda ia menyusu, dan sebagainya.
  • Makanan untuk bayi anda pun sudah beragam, beri bayi anda makanan 4 sehat 5 sempurna agar tumbuh kembangnya optimal, dan tidak kekurangan gizi. Untuk bayi 9 bulan beri ia bubur nasi sebanyak 3 sendok makan, apabila terasa kurang boleh di tambah, untuk makan 3 kali sehari, pagi, siang ,dan sore hari. Beri bayi ibu buah-buahan yang beragam, berikan pula cemilan untuk selingan. Tapi yang paling penting untuk bayi 9 bulan adalah asi, beri asi dahulu baru makan.
  • Menurut WHO, berat badan yang ideal bagi bayi umur 9 bulan adalah : 7.1 -11.0 kg untuk bayi laki-laki, dan 6.5-10.5 kg untuk bayi perempuan.
Bayi umur 9 bulan suka mengacak mainan dan mengekslorasinya. Saat giginya mulai tumbuh ia suka menggigit mainan yang keras karena gatal pada gusinya. Bayi juga suka sekali mendengarkan musik atau nyanyian, mulai dari kerincingan sampai nyanyian ibu.

Untuk melihat artikel lainnya mengenai perkembangan bayi dapat di lihat pada :

Artikel Perkembangan bayi 1 bulan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

keyword : perkembangan bayi 9 bulan, makanan bayi 9 bulan, mainan bayi 9 bulan, menu makanan bayi 9 bulan, makanan sehat untuk bayi 9 bulan, makanan untuk bayi 9 bulan, perkembangan bayi usia 9 bulan, jadwal makan bayi 9 bulan, berat badan bayi 9 bulan, bayi usia 9 bulan, tumbuh kembang bayi 9 bulan, bayi umur 9 bulan, makanan bayi usia 9 bulan, makanan bayi umur 9 bulan, perkembangan bayi umur 9 bulan, pertumbuhan bayi 9 bulan, mainan untuk bayi 9 bulan, permainan bayi 9 bulan, bayi 9 bulan belum tumbuh gigi.

Terima kasih telah berkunjung di Perkembangan Bayi 9 Bulan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia