Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Perkembangan Bayi 3 Bulan

Artikel terkait : Perkembangan Bayi 3 Bulan

Perkembangan bayi 3 bulan
Gambar Perkembangan Bayi 3 Bulan
Perkembangan bayi 3 bulan - Bayi usia 3 bulan sudah banyak sekali mengalami perkembangan, bayi sudah mulai belajar tentang banyak hal, termasuk belajar mengenali ibu dan orang-orang di sekitarnya. Bayi selalu ingin mencari tahu benda dan segala hal yang ada di lingkungan sekitarnya yang menarik perhatiannya. Gerak refleks seperti menggenggam benda, menendang, melambaikan tangan,menggerakkan jari sudah mulai sering.

Perkembangan bayi 3 bulan

Pada usia bayi 3 bulan, ia sudah semakin sadar akan lingkungannya, sudah memiliki jadwal tidur, mengetahui siang dan malam hari, waktu saat menyusu, dan bermain, memungkinkan ibu untuk beristirahat lebih lama. Untuk usia bayi yang sudah menginjak 3 bulan biasanya sudah tidak memakai bedong lagi, anda sudah harus mempersiapkan kebutuhan baru untuk bayi anda seperti kaus dalam, celana dan pakaian yang nyaman, pilihlah yang terbuat dari bahan kaus yang nyaman dan menyerap keringat. Stroller (bila di perlukan) untuk meringankan ibu atau untuk mengajaknya sekedar berkeliling, penghisap ingus di gunakan untuk menghisap ingus yang tersumbat.
Bayi anda pun sudah memerlukan mainan, berikanlah mainan yang terbuat dari karet dan tidak runcing, yang aman untuk di masukkan kedalam mulut juga bisa merangsang pertumbuhan giginya, cari yang berwarna-warni, besar,dan berbentuk, misalkan binatang dan lainnya. Bayi anda pun suka sekali mendengarkan hal yang baru ia dengar, berikanlah mainan bayi yang berwarna dan berbunyi.

Berikut adalah ciri perkembangan bayi 3 bulan :

  • Refleks moro atau kejut pada bayi usia 3 bulan sudah berangsur-angsur hilang, bayi sudah mulai bisa menggerakkan tangan untuk menyentuh, melambaikan tangan walau tak terarah, dan perkembangan jari-jarinya sudah semakin baik. bayi pun sudah sering menjulurkan kaki dan mulai menendang-nendang.
  • Dalam tidurnya bayi usia 3 bulan masih berkisar 10-11 jam sehari, tetapi lebih teratur dan lama serta konsisten, bayi usia 3 bulan bisa tertidur selama 6-7 jam di waktu malam hari karena kini lambungnya sudah bisa menerima lebih banyak susu dan akan tidur sebentar sekitar 1-2 jam dalam beberapa waktu di siang hari. Dalam tidur bayi seringkali ia terbangun karena lapar atau mengompol, segeralah beri asi atau ganti popok bayi agar ia tidur kembali. Terkadang bayi suka terbangun dan tertidur kembali, usahakan biarkan dulu sebentar sebelum menanganinya untuk melatih bayi agar tertidur sendiri.
  • Bayi usia 3 bulan sedikit-sedikit sudah mulai belajar tengkurap, kepalanya sudah mulai kuat untuk di angkat ketika sedang tengkurap, tubuh bagian atasnya sudah cukup kuat untuk menopang kepala dada, dan bahunya saat tengkurap.
  • Tertawa dan tersenyum pada saat ada yang mengajaknya berbicara dan bercanda, sudah mulai belajar bergumam, mengoceh dan berbicara kata ah, ugh, bahkan mama, papa walau masih tidak terlalu jelas, terkadang berteriak secara spontan. Itu menandakan bayi usia 3 bulan sudan memiliki kemampuan untuk bersosialisasi. Berbicaralah dengan bayi anda sesering mungkin untuk melatih tata bahasa yang akan ia gunakan kelak.
  • Pendengaran bayi usia 3 bulan juga sudah sempurna, ia suka mendengarkan hal-hal baru seperti lagu, suara ibu atau orang dan benda di sekelilingnya, sebaiknya hindari musik atau hal-hal yang terlalu kencang untuk di dengar bayi, perkataan kasar pun dapat mempengaruhi perkembangan bayi 3 bulan.
  • Bayi sudah mulai belajar membedakan antara ibu, bapak dan orang-orang di sekelilingnya. Sebab indra pengelihatannya sudah sempurna. Bayi juga senang melihat hal-hal baru dan mulai mengamati benda di sekitarnya.. Bayi umur 3 bulan pun sangat suka melihat wajah dan benda berwarna terang.
  • Karena bayi usia 3 bulan sudah lebih kuat dan besar, ibu pun sudah bisa dengan tenang menyusi sambil tiduran, bayi usia 3 bulan menyusu lebih banyak dari bulan-bulan kemari. Tetap waspada saat menyusu sambil tiduran, hindari tertidur lelap saat menyusu karena di takutkan bayi anda tertimpa tubuh anda.
  • Berat badan ideal untuk bayi 3 bulan menurut WHO adalah untuk anak laki-laki 5.0-8.0 kg, untuk anak perempuan adalah 4.5-7.5 kg. Pertahankan berat badan bayi anda yang ideal agar bayi tetap sehat.
Kurang lebih seperti itulah perkembangan bayi 3 bulan, tetap perhatikan tumbuh kembang bayi anda dari bulan ke bulan secara rutin dan pasti. Tetaplah waspada jika terjadi sesuatu terhadap bayi anda. 

Untuk melihat artikel lainnya mengenai perkembangan bayi dapat di lihat pada :

Artikel Perkembangan bayi 1 bulan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

keyword : Perkembangan bayi 3 bulan, mainan bayi 3 bulan, bayi usia 3 bulan, bayi umur 3 bulan, perkembangan bayi usia 3 bulan, mainan untuk bayi 3 bulan, berat normal bayi 3 bulan, bayi 3 bulan bisa apa, berat badan bayi 3 bulan, perkembangan bayi umur 3 bulam, berat bayi 3 bulan, tumbuh kembang bayi 3 bulan, pertumbuhan bayi 3 bulan, baju bayi 3 bulan, makanan bayi 3 bulan, permainan bayi 3 bulan, kebutuhan asi bayi 3 bulan, mainan bayi usia 3 bulan, baju bayi umur 3 bulan.

Terima kasih telah berkunjung di Perkembangan Bayi 3 Bulan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia