Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Perkembangan Bayi 2 Bulan

Artikel terkait : Perkembangan Bayi 2 Bulan

Perkembangan bayi 2 bulan
Gambar Perkembangan Bayi 2 Bulan
Perkembangan bayi 2 bulan - Di perkembangan bayi usia2 bulan ibu biasanya sudah dapat memahami kepribadian bayi, apa yang di sukai dan tidak di sukainya, memahami tangisan bayi apakah ia lapar, mengompol, mengantuk, atau tidak nyaman. Secara umum ibu dan bayi pasti memiliki ikatan batin, ini di karenakan bayi masih sangat tergantung dari asi sang ibu untuk makanannya. berikanlah rangsangan positif kepada bayi anda untuk membentuk kepribadian positif misal jangan biasakan mengatakan kata-kata yang kasar, selalu peluk dan belailah bayi anda agar bayi merasa nyaman dan di sayang.

perkembangan bayi 2 bulan


Pada saat perkembangan bayi usia 2 bulan gerakan tubuh bayi sudah mulai bervariasi dan lebih aktif, seorang ibulah yang harus memberikan perlindungan ekstra untuk membantu menopang tubuh anak anda yang masih lemah, bantulah bayi anda dalam melatih dan mengembangkan kemampuan motoriknya, sangat tidak di sarankan meletakkan bayi pada posisi yang sama dalam waktu yang lama, selingi kegiatan dan aktifitas bayi dengan gerakan-gerakan yang berbeda untuk melatih otot bayi agar lebih siap ke tahap perkembangan berikutnya. Ada beberapa masalah kesehatan pada bayi yang perlu anda perhatikan salah satunya adalah masalah gangguan pencernaan, biasanya bayi akan memberikan tanda dengan secara terus menerus,untuk masalah kondisi seperti ini ibu harus banyak melakukan interaksi kepada bayi dan segera memeriksakan ke dokter.

ciri perkembangan bayi usia 2 bulan

  • Sewaktu usia bayi sudah mencapai perkembangan 2 bulan kemampuan motorik sudah mulai bervariasi dan sudah mulai lebih aktif. Bayi usia 2 bulan umumnya sudah sedikit lebih kuat untuk menopang kepalanya walau masih terhuyung, dan bisa mengangkat kepalanya 45 derajat pada saat tengkurap atau di tegakkan badannya sewaktu di gendong. Anda bisa menelungkupkan bayi untuk membiasakan bayi tengkurap untuk membantu memperkuat otot leher untuk menopang kepalanya.
  • Refleks menghisap pada bayi pun makin berkembang dengan mulainya bayi menghisap jempolnya hanya untuk menghibur diri atau merasa haus ingin asi. 
  • Bayi usia 2 bulan juga sudah mulai suka memperhatikan objek berwarna-warni dan ingin meraihnya, maka berikanlah mainan anak yang dapat di gantung dan berwarna-warni agar menarik perhatiannya.
  • Tidur bayi usia 2 bulan masih belum teratur, masih membutuhkan tidur sekitar 15-16 jam perhari dalam beberapa sesi, dan biasanya terbangun 2-3 jam untuk menyusui. Hindari menaruh bantal dan selimut anda di dekat bayi, dan biarkan bayi tidur telentang untuk menghindari SIDS yaitu sindrom kematian bayi mendadak.
  • Indera pengelihatan bayi 2 bulan sudah cukup jelas, bayi sudah dapat melihat dengan jarak 18 inci. bayi usia 2 bulan juga suka di gendong dengan posisi tegak menghadap depan, karena di posisi tersebut ia dapat melihat pemandangan lain yang menarik.
  • Tangisan bayi usia 2 bulan pun sudah mulai bervariasi, anda sudah dapat mendengar jeritan, celoteh, gerutu pada tangis bayi anda.bayi sudah dapat mendengarkan dan memperhatikan mulut anda saat bebicara.
  • Usahakan berat badan bayi harus selalu bertambah setiap bulannya. berat badan bayi usia 2 bulan menurut WHO adalah untuk laki-laki 4.3-7.1 kg, untuk anak perempuan 3.2-5.5 kg, lebih atau kurang dari itu segeralah konsultasikan kepada dokter atau bidan anda.
Perkembangan bayi usia 2 bulan sudah mulai banyak ragamnya dari mulai berat yang bertambah, motorik yang sudah mulai berkembang, indera pengelihatan dan pendengaran yang sudah berfungsi dengan baik. Kasih sayang dari seorang ibu yang membuat bayi merasa nyaman dan tumbuh dengan sehat. berilah pijatan lembut kepada bayi anda agar ia merasa nyaman, sehat, dan rileks. karena selain menyusu dan menggendong, memijat juga dapat membuat hubungan ibu dan bayi lebih dekat.

Untuk melihat artikel lainnya mengenai perkembangan bayi dapat di lihat pada :

Artikel Perkembangan bayi 1 bulan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

keyword : perkembangan bayi 2 bulan, mainan bayi 2 bulan, bayi umur 2 bulan, bayi usia 2 bulan, perkembangan bayi umur 2 bulan, perkembangan bayi usia 2 bulan, berat bayi 2 bulan, mainan untuk bayi 2 bulan, berat badan bayi 2 bulan, pertumbuhan bayi 2 bulan, perawatan bayi 2 bulan, berat normal bayi 2 bulan, berat badan normal bayi 2 bulan, jam tidur bayi 2 bulan, kebutuhan asi bayi 2 bulan, tumbuh kembang bayi 2 bulan, cara merawat bayi 2 bulan.

Terima kasih telah berkunjung di Perkembangan Bayi 2 Bulan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia