Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Perkembangan Bayi 1 Bulan

Artikel terkait : Perkembangan Bayi 1 Bulan

Perkembangan bayi 1 bulan
Gambar Perkembangan Bayi 1 Bulan
Perkembangan bayi 1 bulan - Bayi 1 bulan butuh perhatian ekstra dari ibu, masih lemah dan rentan sekali. Bayi usia 1 bulan masih sangat tergantung sekali kepada ibu hanya dapat menangis untuk mengekspresikan apa yang ia inginkan, maka dari itu ibu perlu mengetahui arti dari setiap tangisan bayi anda, apakah lapar atau merasakan sesuatu yang tidak nyaman untuknya. kami memberikan tips merawat bayi dan info tentang perkembangan bayi usia 1 bulan.

Perkembangan bayi 1 bulan

Bayi usia 1 bulan sudah dapat melihat dengan jarak sekitar 25 cm, meski belum sempurna bayi usia 1 bulan dapat mendengarkan suara di sekitarnya bahkan ketika masih dalam kandungan ibu, maka dari itu saat yang tepat untuk ibu menjalin hubungan dengan bayi adalah ketika sedang menyusui, sering-seringlah berbicara dengannya karena bayi sudah dapat mengenali anda dari suara dan dapat melihat wajah ibunya ketika sedang menyusu karena jarak yang dekat. secara fisik, bayi sudah semakin bersih, cradle cap atau kili-kili pun biasanya sudah hilang, kulit sudah terlihat bersih dan kencang.

Ciri perkembangan bayi usia 1 bulan


  • Menangis adalah hal yang biasa di lakukan bayi untuk memberitahukan sang ibu tentang apa yang di butuhkan bayi, karena hanya itu yang bayi usia 1 bulan lakukan untuk berkomunikasi, maka dari itu seorang ibu seharusnya dapat membedakan arti dari tangisan bayi, apakah bayi merasakan lapar, sekedar ingin di sayang, atau ketidak nyamanan terhadap sesuatu. Berkomunikasilah dengan bayi anda sering mengajaknya berbicara pun dapat merangsang otak bayi untuk banyak menangkap kosakata yang akan ia gunakan untuk berkomunikasi.
  • Bayi usia 1 bulan masih memiliki waktu tidur rata-rata 10-18 jam dan pola tidur yang masih bergeser dan tidak menentu, sebaiknya mulailah atur pola tidur bayi anda sedini mungkin agar terbiasa mengerti bahwa malam adalah waktu istirahat dan siang adalah waktu beraktifitas. buatlah bayi anda beraktifitas dan berinteraksi pada siang hari lebih lama. Tidur dapat di jadikan indikator pertumbuhan dan perkembangan otak bayi, pada saat bayi sedang tidur 75% hormon pertumbuhan terjadi dalam merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, maka dari itu tidur yang nyenyak sangat baik untuk bayi dalam meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuhnya, bayi yang bermasalah dalam tidurnya akan menurunkan daya tahan tubuh yang mengakibatkan resiko infeksi meningkat, karena sel darah putih yang menurun.
  • Dalam beberapa minggu pertama bayi asi akan menyusu sebanyak 8-12 kali sehari (setiap 2-3 jam), bayi yang menyusu dengan susu formula menyusu sebanyak 6-8 kali sehari. Pemberian susu dapat dilakukan sesuai permintaan bayi, bayi yang lapar terlihat rewel atau menggerakkan mulutnya saat kita tempelkan jari di pipinya dan akan mencari-cari puting ibunya. usahakan bayi anda bersendawa setelah menyusu, agar tidak muntah. Indra perasa bayi belum cukup matang untuk merasakan asam dan pahit, maka dari itu bayi menyukai rasa yang manis saja yang di hasilkan oleh asi.
  • Indera penciuman bayi usia 1 bulan sudah berkembang sempurna dan sudah dapat membedakan bau puting ibu dan asi.
  • pada beberapa hari pertama kelahiran mata bayi masih sering tertutup tapi segera matanya akan sering terbuka, saat menyusui bayi sudah dapat melihat ibunya karena jarak pandang lihat bayi sudah 25 cm. bayi lebih suka melihat wajah di bandingkan objek lain. Apabila mata bayi terlihat juling pada saat fokus melihat suatu objek itu hal yang wajar karena syaraf pengontrol mata bayi belum sempurna, tetapi apabila berlanjut sampai usia 3 atau 4 bulan segera konsultasikan kedokter agar mata juling dapat di tangani dengan segera.
  • Berat badan bayi 1 bulan bertambah sekitar 400 - 700 gram dari berat badan ketika baru dilahirkan atau bisa juga dilihat dari kartu sehat, jika masih berada di zona hijau maka masih dikatakan sehat dan cukup gizi. Umumnya bayi yang mendapatkan asi ekslusif cenderung lebih lambat bertambah berat badannya namun bukan berarti bayi tidak sehat karena jika pertumbuhan berat dan tinggi masih pada zona aman di chart pertumbuhan artinya bayi masih baik-baik saja.
Baca juga Artikel perkembangan bayi lainnya


keyword: perkembangan bayi 1 bulan, bayi umur 1 bulan, perkembangan bayi usia 1 bulan, cara merawat bayi 1 bulan, perawatan bayi 1 bulan, perkembangan bayi umur 1 bulan, merawat bayi 1 bulan, perkembangan bayi 0-1 bulan, pertumbuhan bayi 1 bulan, jam tidur bayi 1 bulan, makanan bayi 1 bulan, berat badan bayi 1 bulan, berat bayi 1 bulan, jam tidur bayi 1 bulan, tumbuh kembang bayi 1 bulan, stimulasi bayi 1 bulan, pertumbuhan bayi 1 bulan, berat bayi normal 1 bulan, kebutuhan asi bayi 1 bulan, tumbuh kembang bayi 1 bulan.

Terima kasih telah berkunjung di Perkembangan Bayi 1 Bulan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia