Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Artikel terkait : Perkembangan Bayi 4 Bulan

Perkembangan bayi 4 bulan
Gambar Perkembangan Bayi 4 Bulan
Perkembangan bayi 4 bulan - Memasuki perkembangan bayi 4 bulan ibu sudah harus lebih ekstra lagi dalam menjaganya, sebab bayi usia 4 bulan sudah mulai lincah dan gesit. Bayi sudah lebih tanggap dan sudah lebih tertarik pada mainan dan bermain. Saat tidur bayi sudah tidak tenang, karena ia sudah dapat berguling, maka awasi setiap kegiatan bayi anda.

Perkembangan bayi 4 bulan

Ibu sudah dapat mengajarkan berbagai macam hal dalam fase perkembangan bayi 4 bulan, seperti menyodorkan tangan untuk bersalaman, dan melambaikan tangan. Genggaman tangan bayi umur 4 bulan belum terlalu kuat sehingga benda yang di genggamnya masih sering terjatuh, untuk membantu perkembangan motoriknya, anda dapat memberikan mainan yang bersuara dan dapat digenggamnya, juga mainan yang terbuat dari karet yang aman untuk dimasukkan ke dalam mulut, itu juga dapat membantunya merangsang pertumbuhan gigi bayi, mainan yang di ikatkan pada kaki dan tangan, apabila di ikatkan ke kaki maka ia akan menendang- nendang, alat musik pun dapat di jadikan mainan yang baik untuk bayi anda seperti drum misalnya, tetapi dengan ukuran yang kecil, dapat di pukul dan bersuara.

Berikut adalah ciri perkembangan bayi 3 bulan :

  • Setelah usia bayi 4 bulan, kuantitas menyusuinya lebih sedikit ketika baru di lahirkan, tetapi lebih lama waktunya. Aturlah jadwal menyusui di waktu malam sedemikian rupa sehingga waktu terakhir pemberian botol atau menyusu adalah tepat sebelum ibu tertidur.
  • Bayi usia 4 bulan sudah dapat menopang kepala dan lehernya sehingga ia sudah dapat duduk tegak dengan bantuan ibu ketika di gendong menghadap depan. Tahap usia 4 bulan sudah mahir dalam tengkurap juga sudah belajar berguling, rangsang bayi ibu untuk berguling dengan menempatkan benda-benda yang menarik perhatiannya di sampinnya agar ia mau berguling. Lebih berhati-hatilah dalam menjaga bayi anda agar tidak terjatuh saat tertidur.
  • Pada usia 4 bulan resiko SISD ( sindrom kematian mendadak bayi) sudah mulai menurun, pastikan untuk menidurkan bayi dengan posisi telentang, hindari benda-denda di dekat bayi, tak perlu mengubah posisinya saat ia tertidur ketika berguling agar tidak mengganggu tidurnya.
  • berat badan bayi usia 4 bulan biasanya bertambah dua kali lipat pada saat baru lahir, berkisar 5.6-8.7 kg untuk anak laki-laki, dan 5.0-8.2 kg untuk anak perempuan. jika anda khawatir bayi tidak mendapat gizi yang cukup dan berat badan ideal, segeralah konsultasikan ke dokter atau bidan anda.
  • Bahasa bayi usia 4 bulan sudah semakin terlihat beragam, sudah semakin banyak berbicara dan berteriak, ajaklah bayi anda berbicara sesering mungkin.
  • bayi mulai menyadari reaksi orang-orang atas tindakannya, misal, tertawa pada saat di candai, menjatuhkan barang berkali-kali dan ingin anda terus mengambilnya dan sebagainya.
Sentuhan juga bisa membantu perkembangan otak bayi, luangkan beberapa menit untuk memijat bayi anda, selain mempererat ikatan batin, memijat juga dapat menghilangkan hormon stres sehingga membantu menambah berat badan bayi juga membuatnya tidur lebih pulas.
bayi usia 4 bulan sudah dapat mengerti reaksi orang di sekelilingnya, maka berilah contoh yang baik untuk kepribadiannya kelak.

Untuk melihat artikel lainnya mengenai perkembangan bayi dapat di lihat pada :

Artikel Perkembangan bayi 1 bulan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

keyword : perkembangan bayi 4 bulan, mainan bayi 4 bulan, perkembangan bayi usia 4 bulan, bayi usia 4 bulan, bayi umur 4 bulan, mainan untuk bayi 4 bulan, berat badan bayi 4 bulan, bayi 4 bulan bisa apa, tumbuh kembang bayi 4 bulan, perkembangan bayi umur 4 bulan, pertumbuhan bayi 4 bulan, berat normal bayi 4 bulan, 


Terima kasih telah berkunjung di Perkembangan Bayi 4 Bulan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia