Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Artikel terkait : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
Gambar Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
Makanan sehat untuk ibu hamil - Ibu yang sedang hamil harus sangat menjaga asupan yang masuk ke dalam tubuhnya, karena akan berpengaruh pada janin yang dikandung. Memilih makanan yang baik dan menghindari makanan yang merugikan kesehatan ibu dan janin adalah suatu keharusan.
Ibu hamil makan dua kali porsi makanan sebelum ia hamil karena harus menembahkan asupan gizi untuk ibu dan janin yang ia kandung, terkadang ibu hamil malah turun berat badannya karena tidak dapat makan akibat mual dan sering muntah. Pilih makanan yang tidak membuat ibu memuntahkan kembali makanannya.

Makanan untuk ibu hamil

Buah-buahan

Buah-buahan sangat bermanfaat dan sehat untuk ibu hamil selain untuk mengurangi mual juga memiliki banyak serat untuk pencernaan ibu hamil apalagi pada saat usia kehamilan memasuki 30 minggu karena pada usia tersebut ibu hamil sering mengalami sembelit. Buah-buahan tersebut diantaranya:
  1. Pisang, mengandung banyak nutrisi seperti, Vitamin B6, Asam folat, vitamin C juga kalium dan magnesium yang berfungsi untuk transmisi syaraf ditubuh serta otak anak.
  2. Melon, selain memiliki sumber nutrisi dan vitamin, mengkonsumsi melon juga dapat membantu mengurangi mual pada ibu hamil, mencegah dehidrasi karena memiliki kandungan air, juga mengatasi sembelit dengan kandungan seratnya, menormalkan tekanan darah karena mengandung kalium.
  3. Alpukat, memiliki lemak yang sehat , vitamin E dan B, juga asam folat yang sangat berguna untuk janin agar menjadi pintar dan sehat.
  4. Mangga, Buah ini sangat segar rasanya sering digunakan untuk menghilangkan rasa mual, kandungan vitamin A dan Cnya sangat baik untuk ibu hamil.
  5. Jeruk, sama seperti mangga, jeruk berperan untuk mengurangi rasa mual, juga diperkaya dengan vitamin Cnya.
  6. Kurma, mengandung serat, kalium, mangan, fosfor, besi, belerang, kalsium, magnesium dan juga kaya akan vitamin B kompleks yang bermanfaat untuk memperkuat dinding rahim di awal kehamilan.
  7. Anggur, kaya antioksidan seperti vitamin A dan C, mengandung asam folat, potasium, fosfor, dan magnesium yang juga membantu untuk pembentukan tulang sehat
Masih banyak lagi buah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, seperti pepaya, berbegai macam berry yang berguna sebagai antioksidan juga serat.

Sayuran

Sayuran hijau selain mengandung zat besi untuk membantu menghasilkan sel darah merah yang di butuhkan untuk pembentukan janin dan mencegah anemia, juga mengandung serat yang di butuhkan oleh ibu yang sedang hamil. Sayuran yang baik untuk ibu hamil diantaranya:

  1. Sayur bayam, kaya akan vitamin B9 atau asam folat yang membantu dalam perkembangan janin dan mencegah bayi lahir prematur, zat besinya dapat mencegah anemia, mencegah wasir juga diperkaya dengan antioksidan. Akan tetapi jangan terlalu banyak makan bayam pada saat menjelang persalinan karena bayam mengandung salisilat yang membuat kesulitan dalam persalinan dan mengeluarkan banyak darah.
  2. Brokoli, sayur ini mempunyai banyak vitamin seperti, vitamin A vitamin C dan vitamin K, dan juga asam folat.
  3. Kangkung, dapat membantu meringankan penyakit insomnia atau susah tidur karena kandungan zinc dan selenium yang mengakibatkan rasa kantuk. Juga mengandung serat, vitamin C, A, B, kalsium, fosfor, dan asam amino.
Masih banyak lagi sayuran yang baik untuk ibu hamil, makan sayuran dengan beragam warna agar perkembangan janin baik, seperti terong, wortel, dan lainnya.

Telur ikan dan daging

  1. Telur, mengandung asam amino dan lemak omega 3 yang dapat menutrisi perkembangan otak janin, mengandung protein, juga kolin.
  2. Daging sapi atau kambing tanpa lemak mengandung protein dan zat besi yang baik untuk ibu dan janin.
  3. Ikan salmon, di perkaya dengan asam lemak omega 3 dan kandungan DHA yang baik untuk menutrisi otak janin, juga mengandung protein.
Ada juga daging ayam, bebek, juga ikan yang lainnya yang mengandung protein dan omega 3 juga asam amino yang membantu perkembangan janin juga kesehatan bagi ibu.

Susu, yogurt, dan susu kedelai

Susu yogurt juga susu kedelai mengandung protein untuk perkembangan sel sel tumbuh kembang bayi. susu hangat juga dapat membuat ibu hamil menjadi rileks.

Kacang kacangan dan biji bijian

  1. Kacang almond, mengandung asam folat untuk mencegah bayi lahir cacat, mengandung lemak tak jenuh untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
  2. Kacang hijau, mengkonsumsi kacang hijau di trisemester pertama pada kehamilan dapat mencegah penyakit pernafasan pada bayi, kandungan kalium yang tinggi meningkatkan kesehatan jantung pada ibu dan janin.
Kacang merah, kacang tanah baik di konsumsi untuk ibu yang sedang hamil untuk perkembangan janin.

Karbohidrat

  1. Nasi merah, memiliki serat yang tinggi dan antioksidan untuk kekebalan tubuh.
  2. Ubi, memiliki kandungan vitamin A, C, E juga betakaroten, magnesium, kalium, zat besi, serat, dan antioksidan.
Jagung, kentang, roti juga mengandung karbohidrat yang baik untuk ibu dan janin, pilihlah makanan yang sesuai untuk selera ibu mengandung.

Ibu hamil harus memperbanyak nutrisi untuk kesehatan janin dan kesehatan ibu. Perbanyak makan lebih banyak dari biasa saat tidak hamil. Selain itu lebih baik untuk mengolah makanan sendiri agar lebih terjamin.

Artikel Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

Terima kasih telah berkunjung di Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia