Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Artikel terkait : Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Rambut Rontok Setelah Melahirkan
Gambar Rambut Rontok Setelah Melahirkan
Rambut rontok setelah melahirkan - Ada mitos seputar kerontokan rambut pasca melahirkan yang berkata bayi yang memainkan air liurnya membuat rambut ibu menjadi rontok, hal itu tidaklah benar. Rambut rontok merupakan salah satu perubahan kondisi tubuh pada saat pasca melahirkan, masalah rambut rontok ada pada saat masa kehamilan dan menjadi lebih parah saat melahirkan. Permasalahan rambut rontok pasca melahirkan adalah karena kadar hormon estrogen dalam tubuh sangatlah menurun akibat meningkatnya hormon tiroid, jadi hormon menjadi tidak seimbang. Ketidakseimbangan ini dapat terjadi karena kurangnya asupan vitamin dan zat besi dalam tubuh. Kerontokan pada rambut akan menghilang dalam 6-12 bulan setelah melahirkan begitu kadar hormon dalam tubuh kembali normal.

Tips untuk mengatasi rambut rontok pada saat melahirkan

  • Potong pendek dan hindari mengikat rambut

Rambut pendek meningkatkan kinerja akar rambut karena rambut yang panjang membuat akar rambut menahan beban sehingga membuat rontok. Juga dapat menghindari dari seringnya mengikat rambut, karena mengikat rambut membuat rambut menjadi rapuh, dan semakin mudah rontok.

  • Mengkonsumsi sayur dan buah

Makanlah sayur terutama sayuran berwarna hijau, karena banyak mengandung zat besi untuk memperkuat rambut, sayuran juga memiliki vitamin A dan C yang membantu penyerapan zat besi dalam tubuh. Adapun buah apel dan strawberry yang mengandung  flafonoid untuk melindungi kantung rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

  • Hindari stress

Selain tidak baik untuk produksi asi stress juga dapat membuat rambut menjadi semakin rontok karena mempengaruhi ketidakseimbangan hormon.

  • Rawat rambut dengan baik

Gunakan shampo yang tepat, lakukan perawatan rambut yang alami seperti menggunakan minyak zaitun, minyak kemiri, lakukan hairmask dengan menggunakan pisang, alpukat dan lainnya yang aman untuk kesehatan bayi. Menyisirlah pada saat rambut kering, tidak waktu rambut dalam keadaan basah karena akan mengakibatkan rambut rontok dan kusut.

Rambut rontok karena air liur bayi adalah mitos, rawat rambut anda dengan cara yang tepat agar kerontokan tidak semakin banyak.
Artikel Mengenai Rambut Rontok Setelah Melahirkan di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

Terima kasih telah berkunjung di Rambut Rontok Setelah Melahirkan

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia