Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Fakta Seputar Gigi Susu Pada Bayi

Artikel terkait : Fakta Seputar Gigi Susu Pada Bayi

Fakta Seputar Gigi Susu Pada Bayi
Gambar Fakta Seputar Gigi Susu Pada Bayi
Fakta seputar gigi susu pada bayi - Gigi susu adalah gigi sementara yang akan tanggal dan berganti gigi sementara, gigi susu juga sangat penting dan harus di rawat sama seperti gigi tetap karena gigi susu mempertahankan ruang dalam lengkung gigi sebagai persiapan tumbuhnya gigi tetap sekaligus menentukan arah pertumbuhan gigi pengganti, apabila gigi susunya buruk maka pertumbuhan gigi tetapnya akan terganggu.

Pertumbuhan gigi susu pada bayi

Pada saat gigi akan tumbuh bayi akan rewel, sering mengeluarkan air liur, gusi kemerahan dan bengkak, susah untuk makan, dan suhu tubuh meningkat dikarenakan adanya peradangan steril di tempat tumbuhnya gigi, akan tetapi apabila suhu tubuhnya sampai 39 derajat kemungkinan besar karena adanya virus atau infeksi bukan karena akan tumbuh gigi. Gunakan es batu kecil untuk mengurangi rasa sakitnya atau mainan teether untuk mengurangi rasa gatal pada gigi. Berikan parasetamol apabila bayi rewel. Bayi juga sering menggigit sewaktu sedang menyusu karena merasa gatal dan nyeri, sebaiknya pencet saja hidung bayi dengan lembut agar ia membuka mulutnya dan sebagai peringatan agar tidak menggigit puting ibu.

Pertumbuhan dan jumlah gigi susu

Gigi susu biasanya tumbuh pada usia 6-30 bulan dan tanggal pada usia 6-12 tahun. Gigi susu terdiri dari
8 gigi seri, 4 gigi taring dan 8 gigi geraham (molar), sehingga ada 20 jumlah gigi susu.
Gigi tumbuh ada urutannya, gigi yang pertama tumbuh biasanya adalah gigi seri rahang bawah yang tumbuh usia 7-8 bulan dan gigi seri rahang atas pada usia 8-11 bulan kemudian geraham.

Cara merawat gigi

Untuk bayi yang sudah tumbuh gigi sebaiknya di rawat, sesudah memberikan asi gunakan kain lembut yang diberikan air hangat untuk membersihkan mulut dan gigi.
Bagi yang sudah berusia 1 tahun keatas sudah dapat menggunakan sikat gigi kecil yang bulu sikat berbahan nilon tanpa pasta gigi. Sikat gigi 2 kali sehari terutama saat akan menjelang tidur dan sesudah makan. Pada saat tidur air liur sebagai pembersih alami tidak ada maka bakteri akan menjadi aktif, usahakan gigi bersih pada saat menjelang tidur.

Karies gigi susu pada anak

Karies atau gigi keropos, diawali plak di permukaan gigi, plak adalah lapisan kuman dan sisa makanan yang melekat pada gigi. Sebaiknya menyusu botol menjelang tidur langsung dibersihkan karena kandungan gula yang terdapat pada susu akan menjadi asam dan merusak gigi.

Anak belum juga tumbuh gigi

Apabila terjadi anak 1 tahun lebih belum tumbuh gigi sebaiknya periksakan ke dokter gigi untuk foto rontgen, untuk memastikan adanya gigi susu atau tidak. Apabila memang tidak ada benih gigi susu pastikan gigi tetap ada, jika tidak ada gigi, dapat dibuat gigi tiruan.Kelainan pertumbuhan ini disebabkan faktor kelainan genetik bukan karena kekurangan gizi tertentu.

Gigi berlubang, kuman, dan infeksi pada gusi dapat menyebar ke seluruh jaringan tubuh melalui pembuluh darah dan mengakibatkan penyakit ke bagian tubuh yang lainnya, jaga gigi susu bayi anda untuk kesehatannya.

Artikel Fakta Seputar Gigi Susu Pada Bayi di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com
Keyword: Gigi susu, gigi susu pada bayi, jumlah gigi susu, gigi susu tanggal, kapan gigi susu tanggal, pertumbuhan gigi susu, merawat gigi susu, jumlah gigi susu pada anak, karies gigi susu, susunan gigi susu, gigi susu geraham, gigi susu tanggal umur berapa,

Terima kasih telah berkunjung di Fakta Seputar Gigi Susu Pada Bayi

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia