Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

8 Penyebab Bayi Susah Tidur

Artikel terkait : 8 Penyebab Bayi Susah Tidur

8 Penyebab Bayi Susah Tidur
Gambar Penyebab Bayi Susah Tidur
8 penyebab bayi susah tidur - Tidur adalah salah satu faktor penting untuk perkembangan otak bayi yang lebih optimal agar menjadi anak yang cerdas. Juga yang tak kalah penting, tidur membentuk hormon pertumbuhan, yang berguna untuk pertumbuhan tulang, mengatur metabolisme tubuh, memperbaharui dan memperbaiki sel sel tubuh.
Apabila bayi kurang tidur akan berdampak buruk bagi kesehatan diantaranya mudah sakit karena daya tahan yang berkurang, gampang mengalami stres yang berakibat kemampuan berfikir akan terhambat, dan lainnya. Jika ibu ingin kemampuan otak dan pertumbuhan bayi bisa optimal, cukupi kebutuhan tidurnya.

Apa penyebab bayi susah tidur?

Ibu perlu mengetahui apa penyebab bayi susah tidur sehingga dapat segera mengatasinya. berikut beberapa penyebab bayi susah tidur
  1. Lapar. Terkadang bayi rewel karena merasa lapar, susuilah bayi agar tertidur. Jika sudah mp asi sebaiknya berikan makan terlebih dahulu 1 jam sebelum tidur apabila memungkinkan.
  2. Pakaian tidak nyaman juga popok yang basah. Sebelum tidur periksa kembali kenyamanan pakaian bayi ibu, apakah popoknya basah karena buang air, popok yang bersih membuat bayi merasa nyaman. Gunakan pakaian yang lembut, nyaman tidak membuat gerah dan pas di tubuh bayi tidak kebesaran atau kekecilan agar bayi bebas bergerak.
  3. Tubuh yang tidak nyaman dan lengket membuat bayi menjadi susah tidur. Apabila memungkinkan lap bayi sebelum tidur atau beri saja minyak telon dan bedak agar segar kembali.
  4. Kesehatan terganggu. Paling sedih apabila bayi sedang sakit, seperti nyeri, batuk pilek, demam sakit tenggorokan dan lainnya. Tidurnya pun akan tergangu juga rewel. ibu harus ekstra untuk merawatnya. sebaiknya tangani penyebab gangguan kesehatan yang terjadi.
  5. Suhu ruangan yang tidak nyaman, bisa jadi suhu ruangan terlalu panas atau terlalu dingin hingga bayi menjadi kurang nyaman. Perhatikan juga lampu ruangan yang terlalu terang, sebaiknya gunakan cahaya yang redup.
  6. Bermain ketika memasuki waktu tidur dapat berakibat bayi menjadi senang dan tidak mengantuk, sebaiknya tidak bermain di waktu menjelang akan tidur. Kelelahan juga dapat membuat bayi menjadi rewel.
  7. Benda wajib untuk tidur seperti guling, bantal, boneka tertentu, dot atau empeng, juga dapat mengganggu aktifitas tidur bayi, apabila benda tersebut hilang, ibu akan kerepotan karenanya. Sebaiknya hindari kebiasaan menggunakan benda khusus pada saat tidur.
  8. Waktu tidur yang tidak teratur membuat bayi menjadi terbiasa tidur pada waktu yang tidak tepat. Terkadang orang tua tidur sangat larut dan terbangun pada siang hari. Sebaiknya atur waktu tidur bayi dengan baik, berikan tanda bahwa sekarang adalah waktunya untuk tidur seperti mematikan lampu juga tidur bersama orang dewasa pada saat yang tepat.
Terkadang pembiasaan orangtua menjadi salah satu pemicu bayi menjadi susah tidur. Berikan kenyamanan pada saat bayi menjelang tidur, nyanyikan, gendong, peluk juga temani bayi agar dapat segera tertidur. Tandai waktu tidur agar bayi mengerti sekarang saatnya untuk beristirahat, karena tidur sangat membantu tumbuh kembang bayi ibu, terutama untuk kecerdasannya.
Artikel 8 Penyebab Bayi Susah Tidur di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

Terima kasih telah berkunjung di 8 Penyebab Bayi Susah Tidur

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia