Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Pengertian dan Fungsi Antibiotik

Artikel terkait : Pengertian dan Fungsi Antibiotik

Pengertian dan Fungsi Antibiotik
Gambar Pengertian dan Fungsi Antibiotik
Pengertian dan fungsi antibiotik - Terkadang kita suka salah mengartikan antibiotik sebagai obat yang wajib di konsumsi ketika sedang mengalami sakit apapun jenisnya. Padahal antibiotik tidak boleh sembarangan untuk di konsumsi pada saat sakit, ada sakit tertentu yang memakai antibiotik, misalnya TBC. Untuk informasi lebih lanjut silahkan membaca keterangan berikut.

Pengertian dan fungsi antibiotik

Menurut wikipedia antibiotik adalah segolongan mulekul, baik itu alami ataupun sintetik, yang mempunyai efek menekan atau menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme. Khususnya dalam proses infeksi oleh bakteri.
Antibiotik di temukan oleh Alexander fleming, dengan tidak sengaja pada tahun 1928.
Biasanya apabila dokter meresepkan antibiotik itu sudah dosis untuk membunuh bakteri dan harus di habiskan karena kalau tidak di habiskan maka akan menyebabkan resistensi bakteri terhadap antibiotik, atau bakteri berubah untuk melindungi dirinya dari suatu antibiotik, bakteri akan menjadi lebih kuat dan tidak mempan terhadap antibiotik. Infeksi oleh bakteri yang resisten perlu antibiotik yang kuat dan lebih mahal. Jadi berhati-hatilah dalam meminum antibiotik. Bakteri yang resisten bisa cepat menyebar ke anggota keluarga dan orang terdekat.
Selama 30 tahun belum ada jenis antibiotik baru yang di kembangkan, yaitu, penicillin, cephalosporin, carbapenem, flouroquinolones. Akan tetapi bakteri terus berkembang.

Penyakit apa sajakah yang membutuhkan antibiotik?

Antibiotik merupakan obat yang mengobati infeksi yang di sebabkan oleh bakteri seperti tuberculosis (TBC), infeksi pada aliran darah dan urine, dan peunomia atau penyakit yang berhubungan dengan bakteri. Antibiotik bekerja dengan membunuh bakteri atau menghentikan pertumbuhan bakteri.
Sedangkan penyakit yang tidak perlu memakai antibiotik misalnya adalah, demam, batuk dan flu, sakit tenggorokan karena kemungkinan bukan di sebabkan oleh bakteri melainkan virus dan tidak perlu antibiotik.

Sebaiknya jangan membeli sendiri antibiotik tanpa resep dari dokter, karena antibiotik pun berbeda dan bermacam jenis dan dosisnya. Berbeda antibiotik berbeda pula penyakitnya.Apabila anda diberikan antibiotik sebaiknya bertanya apakah penyakit anda terdapat bakteri dan antibiotik sebaiknya harus di habiskan meskipun sudah terlihat sehat agar tidak menimbulkan resistensi bakteri yang merugikan kita dan jangan pernah berbagi antibiotik dengan orang lain.
jagalah kesehatan dengan pola makan yang baik dan berolahraga.

Artikel Pengertian dan Fungsi Antibiotik di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

Terima kasih telah berkunjung di Pengertian dan Fungsi Antibiotik

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia