Kesehatan | Asi | Bayi dan Balita

Manfaat dan Tips Seputar Clodi Yang Bagus

Artikel terkait : Manfaat dan Tips Seputar Clodi Yang Bagus

Manfaat dan tips seputar clodi yang bagus
Gambar manfaat dan tips seputar clodi yang bagus
Manfaat dan tips seputar clodi yang bagus - Clodi adalah singkatan dari Cloth diapers atau popok kain yang bisa di cuci ulang. Clodi di buat dari bahan khusus PUL (polyurethan laminate) yaitu lapisan anti tembus. Bahan ini biasanya waterproof, dan di buat untuk lapisan luar dari clodi, warna dan coraknya berfariasi. Sedangkan untuk lapisan dalam atau  iner clodi menggunakan bahan yang nyaman, bahan kain seperti, fleece, suedecloth, dan bamboo. Kain bamboo terbuat dari serat bambo yang hipoalergi juga anti bakteri, cocok untuk kulit bayi yang sensitif. Insert atau lapisan penyerap pipis terbuat dari bahan yang bermacam seperti, microfiber, bamboo, atau lainnya, terkadang bisa juga memanfaatkan kain-kain sisa. Insert diletakkan di dalam pocket clodi atau kantong celana clodi.

Keuntungan memakai clodi

Memakai clodi atau cloth diapers kini menjadi pilihan para bunda, corak dan motifnya yang beragam kian membuat tertarik untuk membelinya. Coba cek keuntungan memakai clodi di banding dengan popok sekali pakai (diapers) dan popok kain biasa berikut: 

Harga lebih murah

Memang untuk pembelian pertama clodi agak sedikit mahal di banding dengan diapers atau popok sekali pakai, akan tetapi clodi dapat di pakai berkali-kali, bahkan apabila perawatannya baik dapat di wariskan untuk bayi lainnya.

Kenyamanan dan perawatan

Dapat di pilih bahan yang nyaman untuk lapisan dalam clodi anda, bamboo, fleece, microfleece, suedecloth, hempyang. Tinggal pilih yang mana yang cocok dan tidak menimbulkan alergi pada kulit si kecil.
Memang agak repot memakai clodi daripada memakai popok sekali pakai, cara mencucinya di perhatikan betul agar tidak menjadi sarang kuman. Clodi harus dibilas bersih-bersih tanpa sabun agar daya serapnya tetap baik. Clodi juga agak tebal jika di bandingkan dengan popok sekali pakai apalagi popok kain biasa, akan tetapi motif dan coraknya bervariasi dan lucu.

Praktis dan ramah lingkungan

Di bandingkan dengan popok kain biasa clodi lebih efisien, tidak perlu berulang kali mengganti popok. Jika dengan popok sekali pakai, akan lebih ramah lingkungan, karena dapat di cuci, dan tidak menimbulkan penumpukan sampah.

Bentuk clodi bisa di sesuaikan dengan bentuk badan anak anda, jadi tidak ada ukuran untuk clodi. Pilih lapisan dan bahan insert yang sesuai untuk anak, agar tidak terjadi iritasi dan alergi. Untuk anak yang sering pipis atau banyak, dapat menggunakan 2 insert.

Untuk melihat artikel lainnya mengenai kesehatan bayi dapat di lihat pada :


Artikel Manfaat dan tips seputar clodi yang bagus di tulis oleh Balita dan Bayi di www.balitabayilucu.blogspot.com

Terima kasih telah berkunjung di Manfaat dan Tips Seputar Clodi Yang Bagus

Mendapat rating 4.5 Dari 10 ulasan - 2h 45min

Agustina Haryati

Artikel Dunia Bayi dan Balita Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 Dunia Bayi dan Balita | Design by Kuliner Indonesia